05 July 2022, 15:33 WIB

Pemerintah Siapkan Payung Hukum untuk Wakil Rakyat DOB


Andhika Prasetyo |

PEMERINTAH tengah menyiapkan payung hukum untuk menindaklanjuti tiga Undang-undang Daerah Otonomi Baru (DOB) Papua. 

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Mahfud MD mengungkapkan, secara khusus, payung hukum tersebut akan mengatur tentang keterisian wakil rakyat dari tiap-tiap provinsi yang baru saja dibentuk.

"Pemerintah sedang menyiapkan payung hukum untuk keterisian wakil rakyat di DPR RI, DPD RI dan DPRD Tingkat I. Instruman hukumnya apa, apakah bentuknya Perppu, atau Perpres, atau PP, nanti kita diskusikan l," ujar Mahfud dalam konferensi pers, Selasa (5/7).

Selain itu, pemerintah juga akan membuat regulasi yang mengatur jalannya pemerintahan. "Kapan pemerintahan mulai, siapa saja pejabatnya, bagaimana peralihannya, itu semua perly payung hukum yang sifatnya lebih teknis," sambung mantan Ketua Mahkamah Konstitusi itu.

Saat ini, proposal dari payung-payung hukum tersebut tengah disiapkan Kementerian Dalam Negeri yang kemudian akan diajukan kepada presiden.

"Dalam waktu yang tidak lama, Kemendagri akan mengusulkan proposal, bentuk produk hukum yang diajukan kepada kita semua. Kita menunggu dan Insyaallah waktunya cukup," tandas Mahfud. (OL-8)

BERITA TERKAIT