01 July 2022, 15:14 WIB

DPR Buka Peluang Bahas PKPU Pendaftaran Parpol saat Reses


Indriyani Astuti |

DEWAN Perwakilan Rakyat (DPR) RI membuka peluang agar rapat konsultasi Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) tentang pendaftaran partai politik (parpol) dapat dibahas pada masa reses.

Pimpinan Komisi II DPR RI Junimart Girsang mengatakan PKPU tersebut mendesak diselesaikan karena tahapan pendaftaran partai politik calon peserta pemilu akan dimulai pada Agustus 2022. Sementara DPR akan memulai masa reses pada 7 Juli dan kembali bersidang pada 15 Agustus 2022.

"Mengingat jadwal yang cukup padat di Komisi II, atas seizin Ibu Ketua DPR-RI (Puan Maharani) kami jadwalkan rapat konsultasi pada masa reses," ujar Junimart ketika dihubungi, Jumat (1/7).

Rapat konsultasi mengenai PKPU tentang Pendaftaran Partai Politik yang dijadwalkan di DPR, Kamis (30/6), ditunda karena Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian berhalangan hadir. Pada rapat yang diagendakan, ujar Junimart, akan dibahas isu strategis menyangkut tahapan pemilu.

Baca juga: KPU Harus Masif Sosialisasikan PKPU

Selain itu, ia menilai aturan mengenai Sistem Informasi Partai Politik (Sipol) perlu diakomodir dalam PKPU. KPU telah membuka akses Sipol bagi partai politik hingga 14 Agustus 2022. Data keanggotaan yang diunggah dalam Sipol, menjadi basis KPU melakukan verifikasi partai politik sebagai calon peserta Pemilu 2024.

"Kalau pandangan saya harus masuk (dalam PKPU). (Sipol) diatur tegas dalam pasal-pasal agar tidak ada (salah) tafsir," tutur Junimart.

Berdasarkan jadwal dan tahapan Pemilu 2024 yang diatur dalam PKPU No.3/2022, pendaftaran partai politik sebagai peserta Pemilu 2024 akan dimulai pada 1 Agustus sampai 14 Agustus 2022. Kemudian, KPU akan melakukan verifikasi administrasi pada 2 Agustus 2022 sampai 14 September 2022. Penetapan peserta pemilu dilakukan pada 14 Desember 2022.(OL-5)

BERITA TERKAIT