30 June 2022, 18:01 WIB

Kasus Meme Borobudur Naik Penyidikan, Polisi Sita Akun Twitter Roy Suryo


Rahmatul Fajri |

PIHAK kepolisian tengah melakukan penyidikan kasus dugaan penistaan agama terkait meme stupa Candi Borobudur yang diunggah eks Menteri Pemuda dan Olahraga Roy Suryo. 

Terbaru, polisi menyita akun Twitter milik Roy Suryo dengan nama @KRMTRoySuryo2. "Iya disita yang dia gunakan untuk upload-an itu," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan, Kamis (30/6).

Adapun penyitaan akun Twitter tersebut dilakukan setelah kasus dugaan penistaan agama naik ke penyidikan. Zulpan menjelaskan bahwa penyitaan itu dalam rangka proses penyidikan.

Baca juga: Kuasa Hukum Anggap Roy Suryo sebagai Korban dalam kasus Meme Stupa

Diketahui, polisi menaikkan dua laporan terhadap Roy Suryo dari penyelidikan ke penyidikan. Satu laporan dibuat pelapor atas nama Kurniawan Santoso di Polda Metro Jaya.

Lalu, laporan lainnya yang dilimpahkan dari Bareskrim Polri dengan pelapor atas nama Kevin Wu. Kepolisian telah mengeluarkan surat perintah dimulainya penyidikan atau SPDP terhadap dua laporan tersebut. Artinya, laporan tersebut memenuhi unsur pidana.

Zulpan mengatakan pihaknya akan memanggil Roy Suryo, setelah pemeriksaan terhadap saksi ahli bahasa dan media sosial. Namun, dirinya belum merinci jadwal pemeriksaan untuk Roy Suryo.

"Nanti akan disampaikan kapan untuk pemanggilannya," imbuhnya.

Baca juga: Diperiksa Polisi, Perwakilan Umat Budha Bawa Bukti Tambahan

Sebelumnya, viral beberapa foto di lini masa Twitter tentang foto stupa Candi Borobudur, yang mirip wajah Presiden Joko Widodo. Unggahan itu ditambah dengan keterangan "Si stupa Candi Borobudur ada patung dewa anyar".

Selain itu, ada pula unggahan patung Candi Borobudur lainnya. Unggahan itu diberi keterangan 'pantas saja tiketnya mahal, ternyata opung sudah buat patung "I Gede Utange Jokowi" untuk tambahan dana bangun IKN'.

Diketahui, kedua foto tersebut diunggah oleh akun Twitter @KRMTRoySuryo2. Dalam unggahan itu, Roy turut menuliskan narasi "mumpung akhir pekan, ringan2 saja Twit-nya".(OL-11)
 

BERITA TERKAIT