26 June 2022, 14:26 WIB

Jokowi Dinilai Jaga Marwah Indonesia dengan Aktif Redam Konflik Rusia-Ukraina


Mediaindonesia.com |

PRESIDEN Joko Widodo (Jokowi) disebut menjaga marwah Indonesia di mata internasional. Hal itu lepas dari sikap Jokowi yang aktif meredam konflik Ukraina-Rusia.

Hal ini diungkapkan oleh Ketua Forum Wacana Institut Pertanian Bogor (IPB) Raja Harahap. Dia menyebut Jokowi telah menerapkan sikap bebas aktif dan membawa nama baik Indonesia terus berkumandang.

“Dia menjalankan itu, dan membuat marwah bangsa kita ada. Sehingga yang sebelumnya orang bilang tidak bersikap ternyata punya sikap sendiri dan tidak bergantung dengan sikap politik luar,” kata Raja di Bogor setelah melaksanakan diskusi dengan tema “Prospek Kepemimpinan Jokowi di Tengah Gejolak Politik dan Ekonomi Dunia”.

Ketua forum pascasarjana ini mengakui kepemimpinan Jokowi punya kapabilitas dalam meminimalisasi dampak geo politik global saat ini. Sehingga mampu menekan dampak dari apa yang terjadi di Eropa Timur tersebut.

“Artinya apa yang tertuang dalam pembukaan UUD 1945 dijalankan, sehingga apa yang terjadi di dunia Ukraina dan Rusia tidak menjadi persoalan politik kita,” kata Raja

Ia menambahkan, peremonomian nasional sebenarnya cukup rentan terhadap dampak konflik tersebut.. Pasalnya, Indonesia menurut dia menjalankan sistem ekonomi terbuka. 

“Sistem ekonomi kita ini kan terbuka, jika sesuatu terjadi di luar itu akan mempengaruhi ke perekonomian kita,” ujarnya.

Tetapi, menurut dia Jokowi mampu melewati masa-masa sulit baik akibat pandemi maupun konflik dunia. Hal itu lanjut dia membuat kepercayaan masyarakat terhadap kepemimpinan Jokowi terus membaik.

Presiden Joko Widodo membawa misi membangun dialog, menghentikan perang, dan membangun perdamaian dalam rencana kunjungan ke Ukraina dan Rusia untuk menemui pemimpin kedua negara tersebut pada akhir Juni 2022.

Presiden dijadwalkan menemui Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky di Kiev, Ukraina, dan Presiden Rusia Vladimir Putin di Moskow, Rusia, setelah menghadiri KTT G7 di Jerman 26-28 Juni 2022. Pertemuan Jokowi dengan Zelensky dan Putin diperkirakan dilakukan pada akhir Juni. 

Presiden Jokowi akan mendorong terbangunnya perdamaian antara Ukraina dan Rusia. Sebab perang harus dihentikan, dan rantai pasok pangan harus diaktifkan kembali. (Ant/OL-8)

BERITA TERKAIT