24 June 2022, 22:05 WIB

Gerindra dan Demokrat Buka Peluang Kerja Sama


Putra Ananda |

PERTEMUAN Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dengan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto bertujuan untuk menjalin komunikasi yang lebih baik antar kedua partai politik (parpol).

Kepada awak media, Prabowo mejelaskan bahwa pimpinan parpol memang memiliki tanggung jawab untuk saling menjalin komunikasi untuk menghadapi tantangan bangsa ke depan secara bersama-sama.

"Pimpinan parpol punya tanggung jawab untuk menjalin komunikasi yang baik dan karena itulah saya ucapakan terimakasih kepada ketua umum dan kawan-kawan Demokrat," ungkap Prabowo dalam konfresi pers yang diadakan pasca pertemuannya dengan AHY, di Jakarta, Jumat (24/6).

Prabowo menjelaskan, Gerindra dan Demokrat memiliki hubungan politik yang baik. Kedua partai pernah menjalin kerjasama dengan persamaan ideologis yang sama tentang Pancasila, UUD 1945, NKRI, hingga Bhineka Tunggal Ika.

ketum demokrat, kawan-kawan di demokrat. saya sampaikan salam hormat saya kepada bapak SBY. sebagai ketua majelsi tinggi. kita pernah kerja sama, kita punya banyak persamaan ideologis. persamaan visi kita sama-sama sangat komit sangat berpegang teguh kepada pancasila UUD 1945 NKRI bhineka tunggal ika,

"Karena itu kita sepakat untuk terus melanjutkan komunikasi ini sebaik-baiknya kita ingin menajlin komunikasi merintis kerjasama dengan sebanyak mungkin pihak," ungkap Prabowo.

Baca juga: Prabowo dan AHY Mengklaim Punya Kesamaan Visi dan Pandangan

Dalam kesempatan yang sama, AHY menjelaskan bahwa pertemuannya dengan Prabowo berlangsung penuh dengan kehangatan. Dirinya merasa terhomat karena mendapat jamuan yang baik selama berkunjung bersama para elite partai Demokrat ke kediaman Prabowo.

"Saya merasa terhormat bisa diterima di sini. Dijamu dengan begitu baik. bertukar pandangan terkait isu terkini dan tantangan global akibat pandemi covid-19 dampak tertentu bagi idnoensia," ungkap AHY.

Lebih lanjut AHY menjelaskan, dirinya dan Prabowo juga berdiskusi mengenai isu-isu kebangsaan. Keduanya saling menemukan adanya persamaan cara pandang dalam menghadapai tantangan ke depan. Oleh karena itu, AHY menjelaskan tidak menutup kemungkinan bagi kedua partai untuk saling melakukan kerjasama.

"Bahwa Indonesia harus semakin sejahtera perlu kerjasama yang baik antar parpol. Selalu terbuka ruang untuk bekerja sama apalagi menghadirkan solusi untuk negeri ini. Mudah-mudahan kita bisa terus meningkatkan komunikasi politik," ungkapnya.

Dalam kunjugannya, AHY turut didampingi oleh Sekjen Demokrat Teuku Riefky Harsya, Bendum Demokrat Renville Antonio, Ketua Dewan Kehormatan Hinca Panjaitan, Wasekjen Demokrat Agust Jovan Latuconsina, dan Kepala Bakomstra Demokrat Herzaky Mahendra Putra.

Setiba di lokasi, AHY tampak disambut oleh Prabowo. Keduanya lalu bersalaman dan berpelukan. Tampak elite Gerindra yang menemani Prabowo dari Ketua Harian Gerindra Sufmi Dasco Ahmad, Sekjen Gerindra Ahmad Muzani, hingga Waketum Gerindra Sugiono. (OL-4)

BERITA TERKAIT