24 June 2022, 14:04 WIB

Kejagung akan Ekspose Keterangan Eks Mendag Lutfi


Tri Subarkah |

KEJAKSAAN Agung (Kejagung) akan melakukan ekspose atau gelar perkara hasil pemeriksaan mantan Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi terkait kasus korupsi pemberian fasilitas ekspor minyak sawit mentah (CPO) dan turunannya. 

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Jaksa Agung Muda Bidang Tindak Pidana Khusus (JAM-Pidsus) Kejagung Febrie Adriansyah.

Menurut Febrie, salah satu hasil ekspose akan menentukan rencana pemanggilan ulang Lutfi sebagai saksi. Pihaknya mengakui keterangan Lutfi sudah cukup dan belum mengagendakan pemeriksaan lanjutan.

Baca juga: Muhammad Lutfi Diperiksa Kejaksaan Agung

"Sementara belum (ada rencana pemanggilan lagi). Ini masih dianalisa sama Dirdik (Direktur Penyidikan) sih BAP-nya (berita acara pemeriksaan). Nanti diekspose lah," jelas Febrie saat dikonfirmasi, Jumat (24/6).

Sebelumnya, Dirdik JAM-Pidsus Supardi menyatakan bahwa hasil keterangan yang digali oleh penyidik dari Lutfi pada Rabu (22/6) lalu, sudah cukup. Pihaknya mencecar Lutfi dengan 15 pertanyaan lebih.

Baca juga: Kejagung Sita Beberapa Dokumen dari Eks Mendag Lutfi

Adapun materi pertanyaan berkutat soal kebijakan di Kemendag terkait ekspor CPO. Ini termasuk harga eceran tetap (HET), ketentuan ekspor, kebijakan pemenuhan pasar dalam negeri (domestic market obligation/DMO) dan penerbitan persetujuan ekspor (PE)

Sebelumnya, Lutfi menjalani pemeriksaan selama 12 jam. Dirinya mengakui telah menjawab semua pertanyaan penyidik dengan sebenar-benarnya. Serta, menegaskan bahwa kehadirannya sebagai saksi merupakan wujud rakyat yang taat dengan hukum.

Kejagung sendiri telah menetapkan anak buah Lutfi, yakni Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Kemendag Indrasari Wisnu Wardhana, sebagai tersangka pada April lalu.(OL-11)
 

BERITA TERKAIT