23 June 2022, 18:01 WIB

Dukungan Kiai NU Dongkrak Elektabilitas Erick


Mediaindonesia.com |

DUKUNGAN Nadhlatul Ulama (NU) di Jawa Timur (Jatim) menaungi langkah Menteri BUMN Erick Thohir maju di Pilpres 2024. Dukungan dari para ulama tersebut terbukti mampu mendongkrak elektabilitas Erick sebagai calon presiden.

Pada temuan survei terbaru Poltracking Indonesia yang berfokus di Jatim, elektabilitas cawapres Erick Thohir melejit menjadi yang teratas. Eks presiden Inter Milan itu berada di angka 14.2 persen meninggalkan pesaingnya. 

Research Director Poltracking Indonesia, Arya Budi mengungkapkan dukungan dari para kiai NU kepada salah satu kandidat akan berpengaruh besar bagi masyarakat Jatim. 

Pasalnya, Jatim merupakan basis utama dari para nahdliyin atau warga NU yang selalu berpegang kepada rujukan para kiai atau ulama dalam memilih figur pemimpin.

“Jadi preferensi dari tokoh kultural di Jatim yang notabene adalah basis NU dan ada banyak tokoh NU di sana, kiai-kiai yang dihormati dan kata-katanya selalu menjadi rujukan, temasuk pilihan politiknya,” terang Arya.

Ia juga menjelaskan dukungan dari para kiai-kiai NU di Jatim kepada Erick Thohir dipengaruhi oleh berbagai faktor. Di antaranya karena sosok pemimpin religius tersebut dinilai sebagai representasi tokoh NU.

Seperti diketahui, Erick Thohir merupakan Anggota kehormatan Banser yang terafiliasi dari NU. Selain itu, ia juga dipercaya sebagai Steering Committee (SC) atau Ketua Pengarah acara peringatan Harlah ke-100 NU.

“Menarik, sejauh mana pengaruh NU dalam Pilpres 2024 karena kandidat yang mampu merepresentasikan NU diyakini mampu memenangkan kontestasi pilpres di Jawa Timur,” ujar Arya.

Sementara doa dan dukungan dari para kiai NU untuk Erick Thohir terus mengalir. Terbaru hadir dari Ketua Majelis Pengasuh Pondok Pesantren Bahrul Ulum (PPBU) Jombang KH Hasib Wahab Hasbulloh atau akrab disapa Gus Hasib.

“Mari kita semua doakan agar Pak Erick Thohir ini jadi presiden kita,” jelas Gus Hasib dalam acara Khidmah Santri Memajukan Indonesia di Mojokerto, Jatim (OL-8)

BERITA TERKAIT