23 June 2022, 14:56 WIB

KPU: Persoalan Lingkungan Jadi Potensi Penghambat Pemilu 2024


Yakub Pryatama |

KOMISI Pemilihan Umum (KPU) RI menyebut persoalan lingkungan bakal jadi potensi penghambat Pemilu 2024. Komisioner KPU RI Idham Holik menuturkan persoalan lingkungan jadi perhatian khusus lantaran dirinya pernah merasakan dampak langsung pada pemungutan suara 2019.

“Karena pada waktu pemungutan suara 17 April 2019, itu pengalaman di Jawa Barat ada beberapa daerah tergenang banjir,” ungkap Idham kepada Media Indonesia, Kamis (23/6).

Guna mengantisipasi adanya potensi yang menghambat logistik pemilu, khususnya soal lingkungan, pihaknya akan meminta anggota KPU di daerah untuk koordinasi dengan pemerintah daerah.

“Segera koordinasi dengan Pemda untuk meminta dan mendapat mitigasi daerah-daerah yang sekiranya akan terkena bencana alam, seperti banjir dan longsor,” tuturnya.

“Ini kan pemungutan suara 2024 pada pertengahan Februari, kami berharap cuaca dan kondisi alam pada waktu jelang proses dan pascapemungutan suara itu alam mendukung,” ujarnya.

Baca juga: Cegah Polarisasi Pemilu, KPU Kencangkan Edukasi Literasi Informasi

Idham berharap jelang pemungutan suara Pemilu 2024 agar tidak ada ada gelombang tinggi, terutama di wilayah yang dikelilingi perairan karena bisa memperlambat proses distribusi dan pengembalian logistik pemilu.

“Tapi kondisi alam kan di luar kami, di luar manusia. Faktor alamnya ini tetap jadi perhatian KPU,” pungkasnya.(OL-5)

BERITA TERKAIT