22 June 2022, 19:40 WIB

Presiden Jokowi Ajak Pemred Media Massa Kunjungi IKN Nusantara


Narendra Wisnu Karisma/Ren |

PRESIDEN Joko Widodo (Jokowi) kembali meninjau lokasi Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, Rabu (22/6). Kali ini Jokowi mengajak pimpinan media massa.

Dalam kunjungan ini, Presiden Jokowi mengajak 15 orang pemimpin redaksi (pemred) media cetak dan elektronik, salah satunya Arief Suditomo, Pemred Metro TV, untuk melihat kemajuan pembangunan IKN di beberapa lokasi.

Kunjungan pertama, Jokowi mengajak melihat dari dekat persemaian pohon di Kelurahan Mentawir, Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara. Tempat seluas 22 hektar ini akan digunakan untuk menyemaikan belasan juta bibit pohon endemik, seperti kapur, bengkirai, kamper, dan kayu putih.

"Kami menginginkan 15 juta bibit pohon per tahun. Saat ini baru bisa 750 ribu," kata Presiden Jokowi kepada rombongan di Kalimantan Timur.

Berikutnya, Jokowi mengajak para pimpinan media melihat pembangunan bendungan di Kecamatan Sepaku yang merupakan lokasi penunjang pasokan air bersih untuk persiapan IKN. Secara tegas Jokowi menyebut proyek ini merupakan bukti nyata bahwa tahap awal pendirian IKN telah dimulai.

"Adanya bendungan ini menunjukkan pembangunan dasar infrastruktur sudah mulai. Saya juga minta bisa selesai tepat waktu," tegas Jokowi.


Baca juga: Presiden: Pembangunan Dasar IKN Telah Dimulai


Bendungan yang memiliki kapasitas tampung 10 juta meter kubik tersebut diproyeksikan mampu memasok air baku sebesar 2.500 liter per detik. Air baku itu nantinya akan diolah untuk memasok kebutuhan air bagi 1,5 juta penduduk di IKN. Bendungan Sepaku Semoi ditargetkan rampung akhir 2022.

"Januari hingga Februari tahun depan, sudah masuk tahap pengisian air. Untuk air yang disalurkan adalah air siap minum," lanjut Presiden.

Titik Nol Nusantara dan titik lahan yang akan dibangun Istana Presiden, menjadi destinasi Presiden bersama rombongan pimpinan media selanjutnya. Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menyebut sejumlah bangunan di Ring 1, seperti Istana Presiden, Istana Wakil Presiden, 4 kantor Menko dan sejumlah bangunan lainnya akan dimulai Juli 2022.

"Bulan Juli nanti akan mulai dibangun. Selesai diperkirakan bulan Agustus 2024," kata Menteri Basuki.

Berdasarkan harga perkiraan sendiri (HPS) Kementerian PUPR, untuk pembangunan Gedung Kantor Presiden senilai Rp1,6 triliun, pembangunan Gedung Istana Negara senilai Rp1,4 triliun, manajemen konstruksi pembangunan Istana Negara dan lapangan upacara di kawasan Istana Kepresidenan senilai Rp27,8 miliar.

Kunjungan pun diakhiri sekitar pukul 17:00 WITA. Presiden diagendakan akan bertolak menuju ke Samarinda untuk menghadiri pembukaan Kongres Majelis Permusyawaratan Agung (MPA) Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI).

Sebelum bertolak, Presiden Jokowi berjanji untuk kembali mengajak para pemred berkunjung ke IKN. "Desember nanti kita ke sini lagi. Kita akan bersama-sama lihat progres-nya," tandas Jokowi. (S-2)

BERITA TERKAIT