22 June 2022, 16:17 WIB

PDIP Siapkan Calonnya untuk Hadapi Tantangan Masa Depan


Sri Utami |

PDI Perjuangan (PDIP) tidak hanya fokus menyiapkan calon pemimpin yang akan berjuang dalam Pemilu 2024. Kader yang akan direkomendasikan juga perlu disiapkan untuk menghadapi tantangan di masa mendatang. 

Hal itu diungkapkan Ketua DPP PDIP Djarot Saiful Hidayat. Tepatnya, saat ditanyai soal tidak adanya figur seperti Joko Widodo dalam Pemilu 2024.

"PDIP tidak hanya memikirkan dan menyiapkan calon pemimpin. Kami punya stok, tapi yang perlu menjadi perhatian adalah tantangan yang akan dihadapi siapa pun yang direkomendasi," ujar Djarot, Rabu (22/6).

Baca juga: Risma belum Berniat Maju di Pilgub DKI 2024

Djarot menegaskan kembali bahwa penentuan tokoh yang akan diajukan pada Pemilu 2024, sepenuhnya hak prerogatif Ketua Umum PDIP Megawati Sukarnoputri.

"Kami harus menentukan siapa tokoh yang tepat untuk bisa diajukan pada 2024. Ini ditegaskan oleh Ibu Ketum, bahwa ini adalah hak prerogatif yang mendapat mandat dari kongres," imbuhnya.

Partai moncong putih itu pun akan lebih dulu melakukan penguatan program kerja. Setelah itu, PDIP siap mendorong tokoh untuk maju dalam Pemilu 2024.

Baca juga: Peringatan Megawati Soal Main Dua Kaki Dinilai Mengarah ke Ganjar

"Makanya kami kuatkan program. Seluruh kader diinstruksikan turun ke bawah, menyatu dengan rakyat," pungkas Djarot.

Saat disinggung potensi PDIP mendorong Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka untuk menjadi gubernur, Djarto menilai isu tersebut masih terlalu dini. Sebab, Gibran diminta fokus memimpin Kota Solo terlebih dahulu.

"Gibran diberikan kesempatan, bagaimana seorang pemimpin itu tidak bisa instan. Biarkan dia fokus terlebih dahulu di Solo," tutupnya.(OL-11)

 

BERITA TERKAIT