22 June 2022, 13:55 WIB

Erick Thohir Cawapres Urutan Pertama Pilihan Warga Jatim


Mediaindonesia.com | Politik dan Hukum

MENTERI BUMN Erick Thohir menjadi calon wakil presiden (cawapres) urutan pertama pilihan masyarakat Provinsi Jawa Timur (Jatim). Data ini terekam oleh Lembaga Survei Poltracking Indonesia dalam survei regional Provinsi Jatim.

Poltracking menyimulasikan 15 nama pemimpin potensial dalam simulasi cawapres untuk mengukur elektabilitas menuju Pilpres 2024. Alhasil, Erick Thohir meraih elektabilitas tertinggi dengan 14.2 persen.

Dari simulasi 15 nama ini, hanya Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa yang bersaing ketat dengan Eks Presiden Inter Milan tersebut.

“Dalam simulasi 15 nama-nama Calon Wakil Presiden Indonesia, Erick Thohir memperoleh angka elektabilitas sebesar 14,2 persen. Diikuti Khofifah 13,7 persen,” tutur Direktur Riset Poltracking Indonesia, Arya Budi, Rabu (22/6).

Sementara pada simulasi yang sama, kandidat-kandidat lain berada pada angka elektabilitas di bawah 10 persen. Adapun nama-nama seperti Menparekraf, Sandiaga Uno dan Ketua DPR RI Puan Maharani belum menyentuh angka 5 persen.

“Agus Harimurti Yudhoyono 7,4 persen, Sandiaga Salahudin Uno 4,9 persen, Puan Maharani 4,3 persen, Tri Rismaharini 3,8 persen dan Ridwan Kamil 3,3 persen,” pungkasnya 

Survei Poltracking Indonesia di Jawa Timur melibatkan 1000 responden. Survei ini dilakukan pada periode 16-22 Mei 2022 dengan menggunakan metode multistage random sampling. Margin of Error (MoE) +/- 3.2% pada tingkat kepercayaan 95%. (OL-8)

BERITA TERKAIT