22 June 2022, 10:41 WIB

Peringatan Megawati Soal Main Dua Kaki Dinilai Mengarah ke Ganjar


Fachri Audhia Hafiez |

KETUA Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri mengeluarkan peringatan keras kepada kader yang 'main dua kaki'. Peringatan itu dinilai mengarah ke Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

"Ya ini mungkin sindiran tegas dan jelas dari Megawati kepada Ganjar. Ya siapa lagi kalau bukan Ganjar kalau di internal," kata pengamat politik dari Universitas Al-Azhar Indonesia, Ujang Komarudin, Rabu (22/6).

Menurut Ujang, peringatan Megawati berangkat dari ketidakpatuhan Ganjar terhadap Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDI Perjuangan. Manuver politik Ganjar dinilai mbalelo atau membangkang terkait pencalonan presiden untuk Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Baca juga: Pengamat: Pernyataan Megawati Belum Sampai pada Kesimpulan

"Karena beberapa tahun lalu PDIP sudah menunjukkan surat kepada Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDIP, kepada seluruh kader yang mengikat, jangan dulu bicara pencapresan dan sebagainya," ujar Ujang.

Sindiran Megawati disebut sebagai risiko Ganjar. Terlebih, PDIP Perjuangan sejatinya tengah berusaha keras memajukan Ketua DPR Puan Maharani sebagai capres.

"Itulah risiko yang harus diterima Ganjar, karena bagaimanapun dia kader PDI Perjuangan. Karena di PDI Perjuangan tidak ada lagi persaingan soal pencapresan, hanya ada Puan dan Ganjar, dan tuduhan itu tidak mungkin ke Puan," kata Ujang.

Selain itu, maksud 'main dua kaki' tertuju pada usulan calon presiden (capres) Partai NasDem. Ganjar menjadi salah satu dari tiga kandidat yang diusulkan partai yang dipimpin Surya Paloh tersebut.

"Di saat yang sama, Ganjar ya main dua kaki misalnya, namanya juga muncul di capres NasDem, relawan Ganjar juga jalan bergerak," ucap Ujang.

Megawati Soekarnoputri menegaskan kader pilihan partainya PDI Perjuangan akan diputuskan olehnya sendiri. Dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) PDI Perjuangan di Jakarta, Selasa (21/6), Megawati mengultimatum kader yang bermanuver politik.

"Siapa yang membuat manuver keluar! Karena tidak ada dalam PDI Perjuangan yang namanya main dua kaki," seru Megawati dalam Rakernas PDI Perjungan, Selasa (21/6). (OL-1)

BERITA TERKAIT