21 June 2022, 21:45 WIB

Pengamat: Pernyataan Megawati Belum Sampai pada Kesimpulan


Sri Utami |

PENGAMAT politik sekaligus Direktur Eksekutif Indo Barometer Muhammad Qodari menulai pernyataan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri dalam Rakernas partainya bukanlah keputusan final, melainkan pernyataan proses dari penentuan keputusan calon presiden.

"Saya melihat pidato Megawati itu sebuah proses daripada putusan final atau hasil akhir dari penentuan calon presiden," ujarnya, Selasa (21/6)

Proses yang dimaksud Qodari terlihat dari amanat kongres yang menegaskan pemilihan calon presiden merupakan hak preogatif ketua umum PDI Perjuangan.

"Tradisi atau budaya politik di PDI Perjuangan adalah rampak barisan artinya banteng itu harus satu komando. Jadi unsur komando di PDI Perjuangan sangat kental sekali itulah salah satu ciri PDI Perjuangan dengan partai yang lain," ungkapnya.

Baca juga: Politikus Plus

Membaca arah penentuan calon presiden yang diusung partai moncong putih tersebut menurutnya masih akan menempuh jalan panjang. Hal ini bisa dilihat dari pengalaman PDI Perjuangan pada pemilihan 2014 lalu saat keputusan terhadap Joko Widodo baru diputuskan satu bulan sebelum pemilihan legislatif atau empat bulan sebelum pilpres Juli 2014.

"Soal siapa nanti yang ditentukan masih panjang, masih berproses. Sekarang ini masih di sekitar 15 bulan menuju pendaftaran presiden dan wakil presiden pada September 2023 yang akan datang jadi masih sangat panjang"

Dengan demikian maka belum bisa menyimpulkan apa pun juga tentang kemungkinan yang diputuskan Megawati Sukarnoputri karena semua masih akan menjalani proses. (OL-4)

BERITA TERKAIT