21 June 2022, 18:29 WIB

DPR Targetkan RUU DOB Papua Rampung 30 Juni


Anggi Tondi Martaon | Politik dan Hukum

KOMISI II DPR telah memulai pembahasan tiga Rancangan Undang-Undang (RUU) Daerah Otonomi Baru (DOB) Papua. RUU diersebut ditargetkan rampung pada 30 Juni 2022.

"Insyaallah 30 Juni itu akan ada rapat paripurna, maka oleh karena itu sebelum 30 bisa kita selesaikan," kata Ketua Komisi II DPR Ahmad Doli Kurnia di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (21/6).


LWakil Ketua Umum (Waketum) Partai Golkar itu menyampaikan pihaknya telah membentuk panitia kerja (panja) pembahasan payung hukum pemekaran pemerintah daerah di Papua. Ada tiga Panja yang dibentuk.

"Panja RUU Papua Pegunungan Tengah dipimpin oleh saya sendiri, kemudian Panja RUU Papua Selatan oleh Pak Junimart," ungkap dia.

Ia menyampaikan Panja RUU Papua Selatan bakal berkunjung ke Papua. Kegiatan tersebut dilaksanakan untuk menyerap aspirasi masyarakat. 

"Menyerap aspirasi di sana sampai Minggu," ujarnya.

Pekan selanjutnya, ketiga Panja bakal melakukan finalisasi. Pembahasan diharapkan selesai sebelum 30 Juni 2022. "Senin, Selasa, Rabu kita tuntaskan finalisasi RUU ini, sehingga Rabu sudah bisa kita putuskan dalam tingkat I, kemudian tanggal 30 kalau tidak salah itu Kamis itu sudah bisa diselesikan (disahkan)," pungkas Ahmad. (OL-8)

BERITA TERKAIT