21 June 2022, 16:07 WIB

KPU akan Temui Parpol untuk Integrasi Data Sipol


Yakub Pryatama Wijayaatmaja |

KOMISI Pemilihan Umum (KPU) RI akan bertemu dengan sejumlah partai politik (parpol) untuk mengintegrasikan data Sistem Informasi Partai Politik (Sipol) lama ke yang baru.

Adapun Sipol baru ini akan membuat peserta pemilu tidak perlu membawa dokumen secara langsung. Sehingga, dokumen dapat diunggah melalui sistem.

Baca juga: Polri-Dewan Pers Perkuat Kemitraan Cegah Politik Identitas

Rencananya, pertemuan KPU dengan parpol peserta Pemilu 2019 akan dilaksanakan di Gedung KPU RI. “Kami bertemu dengan parpol untuk mengintegrasi data Sipol lama ke Sipol baru. Partai yang datang ya peserta Pemilu 2019,” jelas Komisioner KPU Idham Holik, Selasa (26/6).

Lalu, pihaknya juga berencana untuk melaunching Sipol baru pada 24 juni mendatang. “Hari Jumat (24/6), kita akan launching Sipol. Pembaruan Sipol ini akan membuat partai tak perlu bawa dokumen seperti dahulu,” imbuhnya.

Untuk menghindari misinformasi terkait penggunaan Sipol baru di daerah, KPU bakal melakukan bimbingan teknis terhadap anggota KPU di tingkat kabupaten dan kota.

Baca juga: PDI Perjuangan Tentukan Calon Presiden Melalui Rakernas

“Nanti kabupaten dan kota akan dilakukan bimbingan teknis. Kami akan berikan akses untuk Sipolnya, untuk kepentingan pengecekan partai politik yang nantinya mereka verifikasi,” kata Idham.

Sebelumnya, KPU memastikan Sipol aman dari ancaman pihak yang tak bertanggung jawab. Sejumlah lembaga terkait keamanan siber pun telah dilibatkan. KPU juga bakal membentuk tim gugus tugas yang khusus mengawal keamanan data aplikasi Sipol.(OL-11)

 

BERITA TERKAIT