14 June 2022, 19:24 WIB

Eks Pejabat Kementerian ESDM Divonis 4 Tahun Akibat Kegiatan Fiktif


Candra Yuri Nuralam |

EKS pejabat Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sri Utami mendapatkan hukuman penjara empat tahun. Dia terbukti terlibat dalam kasus korupsi kegiatan fiktif di Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) pada 2012.

"Menjatuhkan pidana terhadap terdakwa dengan pidana penjara selama empat tahun dan pidana denda sejumlah Rp250 juta yang bila tidak dibayar diganti pidana kurungan selama tiga bulan," kata Ketua Majelis Toni Irfan di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Selasa (14/6)

Denda itu wajib dibayarkan Sri dalam waktu sebulan setelah putusan berkekuatan hukum tetap. Jika tidak, pidana denda itu bakal diganti dengan tambahan hukuman penjara.

Hakim juga memberikan pidana pengganti sebesar Rp2,39 miliar ke Sri. Uang pengganti itu wajib dibayarkan dalam sebulan setelah putusan kasusnya inkrah. Jika tidak, jaksa dibolehkan merampas harta Sri untuk dilelang.

"Dalam hal terdakwa tidak mempunyai harta benda yang mencukupi maka dipidana penjara selama sepuluh bulan," ujar Toni.

Putusan ini lebih rendah dari tuntutan jaksa dalam kasus ini. Dalam tuntutannya, jaksa meminta hakim memberikan Sri hukuman penjara empat tahun tiga bulan. (OL-8)

BERITA TERKAIT