12 June 2022, 19:35 WIB

Diplomasi Prabowo Dinilai Perkuat Wibawa Indonesia


Mediaindonesia.com |

MENTERI Pertahanan Prabowo Subianto dinilai sukses dalam menaikan wibawa Indonesia di mata internasional saat menghadiri acara International Institute Of Strategic Studies (IISS) di Singapura.

Pengamat Politik Arif Nurul Imam mengatakan, dalam acara yang dihadiri sejumlah menteri pertahanan dari seluruh dunia tersebut, Prabowo sukses melakukan tugas negara dalam berdiplomasi  dengan membawa Indonesia di panggung internasional yang akan mengangkat wibawa RI.

"Saya kira rangkain kegiatan Prabowo di dunia internasional termasuk acara di Singapura, akan menaikkan wibawa Indonesia," kata Arif, Minggu (12/6)

Ia menambahkan, permasalahan Internasional yang terjadi saat ini, pidato Prabowo dianggap sukses menunjukan posisi serta kekuatan Indonesia yang sebenarnya di mata dunia khususnya di bidang pertahanan.

"Di tengah tantangan global yang kian kompleks, diplomasi semacam ini sangat diperlukan bagi sebuah bangsa. Acara ini sangat strategis dan penting bagi Indonesia mengingat tantangan global kian rumit dan beragam," tandasnya.

Dalam kesempatan tersebut Prabowo menyampaikan orasi menyampaikan tentang otonomi setiap negara.  Ia memaparkan cara Asia atau The Asian Ways dalam menghadapi berbagai tantangan geopolitik dunia untuk mencapai perdamaian.

Prabowo mengatakan berdasarkan pengalaman, selama 40 hingga 50 tahun terakhir, Indonesia telah menemukan cara tersendiri, cara Asia untuk menyelesaikan tantangan.

"Kami memutuskan pengalaman bersama kami didominasi, diperbudak, dieksploitasi, memaksa kami sekarang untuk berjuang dan menciptakan lingkungan yang damai," kata Menhan.

Pada kesempatan itu, ia menyakini kekuatan besar dunia yaitu China dan Amerika Serikat akan bijaksana demi perdamaian dunia. Sebab, penting bagi sebuah negara memiliki pemimpin yang bijaksana dalam mengelola negara dalam menghadapi tantangan geopolitik

"Kami adalah yang paling terpengaruh oleh persaingan kekuatan besar. Oleh karena itu, kami tiba pada cara kami sendiri, cara Asia, untuk menyelesaikan tantangan ini. Pengalaman bersama kami yang didominasi, diperbudak, dieksploitasi, memaksa kami sekarang untuk berusaha menciptakan lingkungan yang damai," tandas Prabowo. (Ant/OL-8)

BERITA TERKAIT