10 June 2022, 19:59 WIB

KSAD Dudung Luncurkan Buku, Cerita Sempat Jadi Loper Koran


Tri Subarkah |

KEPALA Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Dudung Abdurachman meluncurkan buku biografi berjudul 'Loper Koran Jadi Jenderal' pada Jumat (10/6). Buku yang ditulis bersama Imelda Bachtiar itu diterbitkan oleh Penerbit Buku Kompas.

Dalam acara peluncuran yang digelar di Mabes TNI AD, Dudung menyampaikan, buku tersebut berkisah tentang masa kecilnya dan seni kepemimpinan selama karier di militer. Ia menyebut kehidupan ekonomi keluarganya sangat kekurangan sejak ayahnya meninggal saat Dudung berusia 12 tahun.

"Sehingga waktu itu saya SMA, saya mengantar koran dan jualan klepon. Nah, berlangsung kurang lebih sampai kelas 3," jelas Dudung.

Menurut Dudung, pengalamannya menjadi loper koran memberikan pengalaman hidup bahwa untuk mencapai suatu keberhasilan tidak semudah mengembalikan telapak tangan. Mantan Panglima Kodam Jaya itu mengatakan, buku tersebut dipersembahkan kepada generasi muda, khususnya para perwira di Akademi Militer.

Baca juga : Yenti Sebut Kucuran Kredit Bank Tanpa Agunan Masuk Perbuatan Lawan Hukum

"Bahwa untuk mencapai karier yang tinggi sampai di puncaknya itu tidak serta merta instan, tetapi penuh perjuangan," tandas jenderal bintang empat itu.

Pada kesempatan yang sama, Imelda Bachtiar menyebut bahwa buku 'Loper Koran Jadi Jenderal' merupakan hasil kolaborasinya dengan Dudung selama tiga tahun. Setidaknya, ada lebih dari 60 orang yang diwawancari untuk menghasilkan buku setebal 316 halaman tersebut.

"Saya mewawancarai lebih dari 60 orang di seluruh Indonesia yang pernah menjadi anak buah Jenderal Dudung atau pernah bersangkut kariernya dengan Jenderal Dudung," terangnya. (OL-7)

BERITA TERKAIT