07 June 2022, 14:45 WIB

Megawati Kembali Menjabat Ketua Dewan Pengarah BPIP


Andhika Prasetyo |

PRESIDEN Joko Widodo melantik dewan pengarah, kepala dan wakil kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) periode 2022-2027.

Susunan Dewan Pengarah BPIP diisi oleh Megawati Soekarno Putri sebagai Ketua. Lalu, Try Sutrisno sebagai Wakil Ketua Dewan Pengarah BPIP.

Berikut, Wisnu Bawa Tenaya, Said Aqil Siradj, Sudhamek, Andreas Anangguru, serta Rikard Bagun sebagai Anggota Dewan Pengarah BPIP.

Baca juga: Megawati Bertemu Presiden Korea Selatan

Adapun, jabatan Kepala BPIP masih diisi Yudian Wahyudi dan Wakil Kepala BPIP ditempati Karjono. Pelantikan dan pembacaan sumpah jabatan digelar di Istana Negara pada Selasa (7/6).

"Demi Allah saya bersumpah, bahwa saya akan setia menghayati dan mengamalkan Pancasila, dalam menjakankan tugas dan kehidupan sehari-hari," ujar Kepala Negara mempimpin sumpah jabatan diikuti seluruh peserta pelantikan.

"Bahwa saya, akan setia kepada UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Serta, akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darmabakti saya kepada bangsa dan negara," kata Jokowi, sapaan akrabnya.

Baca juga: Presiden Jokowi Minta Pj Kepala Daerah Harus Netral

"Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya dengan penuh rasa tanggung jawab. Bahwa saya menjaga integritas, tidak menyalahgunakan kewenangan, serta menghindarkan diri dari perbuatan tercela. Sehingga saya menjadi teladan insan Pancasilais," imbuhnya.

Pengangkatan jabatan tersebut didasarkan pada Keputusan Presiden Tentang Pemberhentian dan Pengangkatan, Dewan Pengarah, Kepala dan Wakil Kepala BPIP.(OL-11)

BERITA TERKAIT