07 June 2022, 07:45 WIB

Hari Ini, Presiden akan Lantik Dewan Pengarah dan Kepala BPIP


Andhika Prasetyo |

PRESIDEN Joko Widodo akan melantik dewan pengarah, kepala, dan wakil kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) periode 2022-2027 di Istana Negara, Jakarta, Selasa (7/6).

Kendati memasuki periode baru, sejumlah nama lama diketahui akan tetap mengisi pos-pos di institusi tersebut seperti Yudian Wahyudi dan Megawati Soekarno Putri.

Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono menyebut Yudian Wahyudi akan tetap menjabat sebagai kepala BPIP. Begitu pula Megawati Soekarnoputri yang masih akan memegang posisi dewan pengarah.

Baca juga: Pancasila Harus Jadi Dasar Pembuatan Kebijakan Publik

Adapun, nama baru yang masuk ke jajaran petinggi BPIP adalah Karjono, yang semula menjabat sebagai sekretaris utama menjadi wakil kepala.

BPIP adalah lembaga yang berada di bawah dan bertanggung jawab langsung kepada presiden. Lembaga tersebut memiliki tugas membantu kepala negara dalam merumuskan arah kebijakan pembinaan ideologi Pancasila, melaksanakan koordinasi, sinkronisasi, dan pengendalian pembinaan ideologi Pancasila secara menyeluruh dan berkelanjutan, dan melaksanakan penyusunan standardisasi pendidikan dan pelatihan, menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan, serta memberikan rekomendasi berdasarkan hasil kajian terhadap kebijakan atau regulasi yang bertentangan dengan Pancasila. (OL-1)

BERITA TERKAIT