24 May 2022, 17:57 WIB

Dukungan Relawan Jokowi Membuat Erick Thohir Punya Amunisi Kuat di 2024


Widhoroso |

PENGAMAT Politik Emrus Sihombing menyatakan Menteri BUMN RI Erick Thohir menjadi salah satu kandidat terkuat untuk menjadi calon presiden (capres) di pemilihan presiden (pilpres) 2024 nanti. Pasalnya, Emrus melihat orang nomor satu di BUMN itu mendapat dukungan yang sangat masif dari berbagai golongan masyarakat.

Salah satu yang paling menarik bagi Emrus adalah dukungan dari 10 simpul relawan Jokowi di Jawa Timur (Jatim). Menurutnya dukungan tersebut adalah modal besar bagi Erick Thohir dalam menghadapi kontestasi demokrasi mendatang.

"Tentu sebagai salah satu kandidat yang dicanangkan sebagai capres adalah Erick Thohir. Berbagai dukungan dari berbagai komponen, utamanya dari relawan Jokowi suatu hal yang luar biasa," tutur Emrus.

Pengamat dari Universitas Pelita Harapan (UPH) ini melihat para relawan Jokowi tentu memiliki pertimbangan yang matang untuk memilih Erick Thohir sebagai penerus Jokowi. Salah satu aspeknya adalah Eks Presdien Inter Milan ini dipercaya mampu melanjutkan pekerjaan yang telah dilaksanakan oleh Jokowi.

"Karena mereka relawan yang loyal terhadap Jokowi. Tidak sembarangan mereka memberikan dukungan kepada Erick Thohir. Mereka menilai Erick Thohir bisa melanjutkan program-program Jokowi," ujar Emrus.

Adapun dukungan untuk Erick Thohir ini dideklarasikan oleh 10 simpul relawan Jokowi di Jatim belum lama ini. 10 simpul relawan ini terdiri dari Cempro Jokowi (Central Mahasiswa Pro Jokowi), Rejo (Relawan Jokowi), Siji (Solidaritas Milenial Jokowi), Jamu Jokma (Jaringan Muda Jokowi-Maruf) dan Jo Smart (Jokowi Sebelas Maret).

Ada juga Arjo (Aliansi Relawan Jokowi), Kyai Muda Jatim, For One, GK Jo Jatim (Galang Kemajuan Jokowi Jatim) dan terakhir adalah Jokowi Milenial Jatim. Emrus mengatakan, dukungan tersebut sangat produktif karena para relawan Jokowi tersebut sudah berhasil mengantarkan Presiden RI ke-7 itu hingga dua periode.

"Saya kira sangat bagus, sangat produktif. Artinya bahwa dukungan itu diberikan oleh relawan Jokowi dan di situ ada sepuluh simpul, saya kira suatu hal yang positif bagi Erick Thohir di Pilpres 2024," pungkas Emrus. (RO/OL-15)

BERITA TERKAIT