23 May 2022, 18:47 WIB

Mahfud MD: Penunjukan Penjabat Daerah Dilakukan Secara Terbuka


Andhika Prasetyo |

MENTERI Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Polhukam) Mahfud MD mengungkapkan proses penunjukan penjabat daerah oleh pemerintah pusat sudah dilakukan secara terbuka.

Prosedur itu bahkan telah melebihi arahan yang disampaikan Mahkamah Konstitusi (MK). "Itu sudah lebih dari yang diputuskan MK. Kalau MK kan menyuruh membuat prosedur. Ini sudah lebih lagi," ujar Mahfud di Istana Kepresidenan, Senin (23/5).

Baca juga: KSP: Belum Ada Kepastian Soal Penjabat Gubernur DKI

Dirinya menjelaskan bahwa dalam proses penunjukan penjabat daerah, pemerintah pusat melibatkan Tim Penilai Akhir (TPA). Lalu, hasilnya diserahkan kepada Presiden Joko Widodo untuk dinilai secara final bersama.

"Seharusnya TPA itu hanya untuk penjabat-penjabat tertentu, penjabat eselon satu. Ini sekarang kepala daerah pun melalui TPA. Sehingga, ini sudah lebih dari sekadar prosedur yang dipertimbangkan," papar Mahfud.

Baca juga: Novel Baswedan Tawarkan Bantuan Mencari Harun Masiku ke KPK

Sebelumnya, sejumlah pihak menyoroti langkah pemerintah yang mengangkat penjabat gubernur hanya berdasarkan keputusan presiden (keppres). Hal itu dinilai berbahaya dan rawan gugatan.

Mengingat, sesuai amanat putusan MK, pemilihan penjabat daerah harus diatur dalam aturan turunan berbentuk peraturan pemerintah.(OL-11)

BERITA TERKAIT