21 May 2022, 16:58 WIB

Lestarikan Seni Tari Di Penajam, Jaga Identitas Suku Paser


mediaindonesia.com |

SOBAT Erick Kalimantan Timur, dalam upaya menjaga dan melestarikan kesenian budaya tradisional seni tari yang ada di Kabupaten Penajam, Paser Utara, memberikan bantuan kepada salah satu komunitas seni di daerah tersebut. 

Selain menjaga kesenian budaya di Penajam, Sobat Erick juga melakukan sejumlah aksi sebagai bentuk dukungan dalam mendukung Menteri BUMN Erick Thohir dalam melanjutkan estafet kepemimpinan Presiden Joko Widodo di masa mendatang, Sabtu (21/5).

Sobat Erick, yang merupakan Kelompok Relawan yang tergabung dalam mendukung Menteri BUMN Erick Thohir untuk menjadi pemimpin di 2024, telah sepakat menjaga dan melestarikan seni budaya yang merupakan warisan peninggalan nenek moyang kita yang ada di seluruh Provinsi Indonesia tidak terkecuali di Kalimantan Timur.

Baca juga: Relawan Sobat Erick Gelar Kegiatan Sosial Di Pematang Siantar

Hal itu dikatakan Ketua DPW Sobat Erick Kalimantan Timur Sri Rohani saat dimintai keterangan di sela-sela kegiatan.

Memulai aksinya di Penajam, Kalimantan Timur, Sobat Erick menyasar masyarakat sekitar Pasar Petung untuk memberikan sejumlah bantuan. Bantuan yang diberikan merupakan paket sembako yang diharapkan dapat bermanfaat di masa transisi dari pandemi ke endemi saat ini.

Selain memberikan bantuan paket sembako, di Pasar Petung, Sobat Erick juga memperkenalkan sosok Erick Thohir ke pada masyarakat sebagai sosok yang pantas untuk duduk di bangku kepemimpinan di 2024 nanti.

Di Kabupaten Penajam, Sobat Erick juga berkesempatan bersilaturahmi ke Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Babul Ilmi Petung. Kedatangan Sobat Erick ke Ponpes tersebut juga untuk memberikan bantuan berupa Sembako dan Dana Tunai untuk penghuni disana.

Pengurus Ponpes Tahfidzul Qur’an Babul Ilmi Petung, Ustaz Amiruddin, saat menerima bantuan menyampaikan rasa terima kasih kepada Sobat Erick yang telah menyisihkan waktu untuk datang berkunjung ke Ponpesnya serta memberikan bantuan untuk penghuni Ponpes.

"Terima kasih Sobat Erick kunjungannya ke Ponpes kami, semoga silaturahmi ini bukan yang terakhir dan akan terus terjalin kedepannya. Bantuan ini pastinya akan bermanfaat untuk keseharian Ponpes kami, semoga relawan Sobat Erick terus diberikan kesehatan dan keberkahan. Amin," kata UstazAmir.

Melanjutkan aksinya, Sobat Erick bersama komunitas yang berasal dari Sanggar Seni Entero Penajam bersama-sama menjaga Kesenian Tari Ronggeng Paser yang merupakan identitas masyarakat suku paser di Kabuparen Paser, Kalimantan Timur. 

Sobat Erick dalam dukungannya memberikan bantuan berupa dana tunai kepada sanggar tersebut yang diharapkan dapat dimanfaatkan untuk terus membumikan Seni Tari di Kalimantan Timur ini.

Dalam kesempatan itu, Sobat Erick berkesempatan belajar menari Tari Ronggeng Paser dan menari bersama anggota dari Sanggar Seni Entero Penajam. Bantuan tersebut diterima langsung oleh Penggurus Sanggar yang berlokasi di Nipah-Nipah Penajam, Kalimantan Timur.

“Tari Ronggeng Paser itu adalah tari tradisional asli dari Suku Paser. Tarian ini adalah identitas masyarakat Kabupaten Paser yang harus terus dijaga hingga sampai sekarang ini. Untuk itu, Sobat Erick mendukung kesenian budaya seperti ini agar terus terjaga agar tidak punah.” kata Ketua DPW Kalimantan Timur Sobat Erick Sri Rohani.

Mengakhiri kegiatan, Sobat Erick menuju Desa Sidorejo, Penajam Paser Utara. Kedatangan Sobat Erick di desa tersebut adalah untuk melakukan sosialisasi disana serta memberikan bantuan kepada petani di daerah tersebut. Adapun bantuan yang diberikan berupa sejumlah pupuk organik.

“Peduli Petani yang merupakan program Sobat Erick untuk berupaya mensejahterakan petani akan terus kami gencarkan di seluruh Provinsi di Indonesia. Petani itu merupakan ujung tombak dari ketahanan pangan di Nusantara ini untuk itu harus kita sejahterahkan kehidupannya.” kata Anggota DPW Sobat Erick Kalimantan Timur Rachmad Karyanto. (RO/OL-1)

BERITA TERKAIT