19 May 2022, 12:33 WIB

KPU Minta Kemenlu Bantu Fasilitasi Pemilu di Luar Negeri


Yakub Pryatama |

PESTA demokrasi lima tahunan siap digelar pada 2024. Bukan hanya penduduk dalam negeri saja yang akan berpartisipasi. Namun, warga yang berada di luar negeri pun memiliki hak yang sama.

Guna menyiapkan pemenuhan logistik Pemilu 2024, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI akan menyiapkan metode pelaksanaan Pemilu di luar negeri melalui Pos. Pelaksanaan itu dilaksanakan satu bulan lebih awal dari hari pemungutan suara di dalam negeri.

“Sehingga membutuhkan proses produksi dan distribusi logistik Pemilu di luar negeri lebih awal,” kata anggota KPU RI Yulianto Sudrajat kepada Media Indonesia, Kamis (19/5).

Yulianto menuturkan pihaknya tak ingin kembali kecolongan seperti saat Pemilu 2019. Di mana terjadi permasalahan distribusi, inventarisasi dan pelaporan barang-barang logistik serta arsip Pemilu di luar negeri.

“Karena tidak adanya pegawai Sekretariat Jenderal KPU di kantor Perwakilan RI di luar negeri. Ini menjadi catatan atas audit BPK,” ungkapnya.

Baca juga: Rekapitulasi Pemilu Luar Negeri Digelar Hari ini

Yulianto mengatakan KPU membutuhkan dukungan Kementerian Luar Negeri untuk memfasilitasi penempatan pegawai Sekretariat Jenderal KPU setingkat Atase di Kantor Perwakilan RI di luar negeri.

“Kehadiran perwakilan KPU dibutuhkan selama masa tahapan Pemilu,” pungkasnya.(OL-5)

BERITA TERKAIT