17 May 2022, 19:43 WIB

Ustaz Abdul Somad Ditolak Singapura, Ditjen Imigrasi: Paspornya tak Bermasalah


Tri Subarkah |

DITJEN Imigrasi Kemenkumham menegaskan bahwa paspor yang dipegang Uztaz Abdul Somad tidak bermasalah. Hal itu menindaklanjuti penolakan Otoritas Imigrasi Singapura terhadap masuknya pemuka agama tersebut.

Selain itu, paspor milik enam orang lain yang ikut dalam rombongan Uztaz Abdul Somad pun tidak bermasalah. Pemerintah Indonesia menyerahkan sepenuhnya penolakan tersebut ke otoritas Singapura.

"Tidak ada masalah dalam paspor mereka bertujuh. Dari Imigrasi Indonesia sudah sesuai ketentuan," ungkap Subkoordinator Humas Ditjen Imigrasi Achmad Noer Saleh dalam keterangan resmi, Selasa (17/5).

Baca juga: Ditolak Masuk Singapura, Abdul Somad Tidak Pernah Hubungi KBRI

"Alasan kenapa Otoritas Imigrasi Singapura menolak? Itu sepenuhnya kewenangan dari Singapura, yang tidak bisa kita intervensi," sambungnya.

Meski tidak ditemukan persoalan dalam dokumen keimigrasian rombongan Uztaz Abdul Somad, Ditjen Imigrasi menyebut penolakan masuk WNA oleh otoritas imigrasi suatu negara merupakan hal lazim. Tindakan itu dilakukan dalam rangka menjaga kedaulatan negara tersebut.

Baca juga: KSP: Menurunnya Kepuasaan Publik atas Jokowi-Amin Dipicu Faktor Global

Penolakan yang dialami Uztaz Abdul Somad terjadi pada Senin (16/5). Rombongannya berangkat menuju Singapura melalui Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Batam Center sekira pukul 12.50 WIB, dengan kapal MV Brilliance of Majestic.

Setibanya di Negeri Singa, otoritas imigrasi setempat menolak kedatangan mereka, karena alasan tidak memenuhi syarat berkunjung ke Singapura. Rombongan itu lantas kembali ke Indonesia dari Pelabuhan Tanah merah Singapura dengan Kapal Majestic Pride.(OL-11)

BERITA TERKAIT