17 May 2022, 07:00 WIB

Panggil Boyamin Saiman, KPK Siapkan Sejumlah Bukti


Candra Yuri Nuralam |

KOMISI Pemberantasan Korupsi (KPK) memanggil Koordinator Masyarakat Antikorupsi Indonesia (MAKI) Boyamin Saiman terkait dugaan pencucian uang Bupati nonaktif Banjarnegara Budhi Sarwono, hari ini, Selasa (17/5). Lembaga Antikorupsi itu sudah menyiapkan sejumlah bukti untuk dikonfirmasi ke Boyamin.

"Tim penyidik sebelumnya telah memiliki alat bukti di antaranya keterangan berbagai pihak dan bukti lainnya terkait dugaan tindak pidana pencucian uang dimaksud," kata pelaksana tugas (Plt) juru bicara bidang penindakan KPK Ali Fikri melalui keterangan tertulis, Selasa (17/5).

Ali enggan memerinci alat bukti yang bakal dikonfirmasi nanti. Boyamin diultimatum untuk kooperatif kepada penyidik.

Baca juga: KPK Kantongi Banyak Bukti Dugaan Keterlibatan Boyamin terkait TPPU

"Bersikap kooperatif serta saat di hadapan tim penyidik bersikap jujur dan terus terang serta tidak menutupi berbagai fakta yang diketahuinya," ujar Boyamin.

Sebelumnya, KPK membeberkan alasan baru memanggil Boyamin Saiman dalam dugaan pencucian uang Budhi Sarwono. Nama Boyamin disebut dalam persidangan kasus dugaan suap yang menjerat Budhi.

"Ini (Boyamin) memang munculnya kenapa belakangan, memang dari fakta persidangan ternyata muncul nama ini sebagai salah satu pejabat di PT (Bumi Redjo) itu," kata Deputi Penindakan dan Eksekusi KPK Karyoto di Jakarta, 27 April lalu.

Karyoto mengatakan nama Boyamin langsung dicatat jaksa penuntut umum (JPU) dalam persidangan. Setelah itu, jaksa melaporkan ke divisi penindakan KPK untuk ditindaklanjuti. (OL-1)

BERITA TERKAIT