15 May 2022, 08:02 WIB

Kunjungi Space X, Presiden Undang Musk ke Indonesia


Andhika Prasetyo | Politik dan Hukum

Presiden Joko Widodo menutup kunjungan kerja di Amerika Serikat (AS) dengan melawat ke Space X, perusahaan eksplorasi luar angkasa milik Elon Musk di Boca Chica, Texas, Sabtu (14/5) waktu setempat.

Jokowi berharap, melalui lawatan tersebut, peluang kerja sama antara Indonesia dan orang terkaya di dunia itu akan semakin terbuka lebar.

"Kemarin saya sudah perintahkan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi untuk berbicara dengan Musk mengenai investasi, teknologi, inovasi. Sekarang saya ke sini dan bertemu langsung dengan Elon untuk mendiskusikan kerja sama yang akan datang," ujar Jokowi di Gedung Stargate Space X di Texas, Sabtu (14/5).

Kepala negara pun mengundang Musk ke Indonesia untuk bisa merasakan secara langsung atmosfer industri-industri di Tanah Air.

"Tadi saya sudah sampaikan untuk bisa datang ke Indonesia dan dia sangat tertarik sekali," ucap mantan wali kota Solo itu.

Menjawab undangan Presiden, pria yang juga pemilik Tesla Inc itu mengatakan berencana datang pada November tahun ini.

"Mudah-mudahan di November. Terima kasih atas undangannya," tutur Musk.

Ia mengaku sangat tertarik untuk terlibat kerja sama dengan Indonesia. Menurutnya, Tanah Air memiliki masa depan yang begitu meyakinkan dengan berbagai sumber kekayaan yang dimiliki.

"Saya rasa Indonesia memiliki potensi yang besar

Saya rasa kita melalui Tesla dan Space X akan mencoba beberapa kerja sama dengan Indonesia," tuturnya.

Dalam kesempatan tersebut, Musk juga mengajak Jokowi berkeliling kantornya untuk melihat fasilitas produksi roket Space X

Setelah kurang lebih satu jam, kepala negara mengakhiri kunjungannya dan bertolak menuju Pangkalan Militer Andrews, Washington DC, untuk kembali ke Tanah Air. (OL-12)

BERITA TERKAIT