14 May 2022, 21:37 WIB

Lawatan ke Vietnam, Prabowo Tunjukan Level Kepemimpinan


Mediaindonesia.com | Politik dan Hukum

MENTERI Pertahanan (Menhan) RI Prabowo Subianto dalam lawatan kerja di Vietnam. Prabowo diterima dengan hangat oleh Presiden Republik Sosialis Vietnam YM Nguyễn Xuân Phúc dan Menteri Pertahanan Vietnam di Kantor Presiden Vietnam, Hanoi, Jumat (13/5).

Kunjungan ini  dalam rangka tugas negara membangun hubungan bilateral antara Indonesia dan Vietnam, khususnya di bidang pertahanan. Sebelumnya Prabowo juga melakukan lawatan ke beberapa negara strategis dan diterima para pemimpin kelas dunia seperti Erdogan Turki, Perdana Menteri Korea Selatan, Macrob Prancis, Raja Bahrain, Raja Malaysia, Presiden Korea dan Presiden Korea Selatan dan Perdana Menteri Jepang. 

"Relasi Prabowo di dunia internasional tentu menunjukan level kepemimpinannya dan karena itu bisa menjadi modal ketika maju dalam Pilpres 2024," kata pengamat politik Arif Nurul Imam, Sabtu (14/5)

Prabowo dengan segala kelebihan dan kekurangannya, lanjut Arif, harus diakui memang memiliki kemampuan diplomasi dan relasi pemimpin di level internasional. 

"Selain itu,  Prabowo juga memiliki pandangan futuristik tentang masa depan global termasuk prediksi akan muncul perang lagi yang sekarang terbukti terjadi perang antara Rusia dan Ukraina," ujar Arif. 

Menurut Arif, itu sebabnya dengan segala kemampuan yang dimiliki sejatinya dapat menjadi modal ketika maju dalam Pilpres sehingga bisa mendapatkan dukungan masyarakat

Prabowo saat bertemu dengan Presiden Republik Sosialis Vietnam YM Nguyễn Xuân Phúc, Jumat (13/5), menegaskan pentingnya kerja sama pertahanan antara Indonesia dan Vietnam.

Ia mengaku kagum dengan kepada kekuatan militer Vietnam yang ditopang oleh kekuatan rakyat.

Hal itu seperti Indonesia yang memiliki Sistem Pertahanan dan Keamanan Rakyat Semesta (Sishankamrata). (Ant/OL-8). 

BERITA TERKAIT