12 May 2022, 16:51 WIB

Wapres Minta Menteri 'Nyapres' Fokus Kerja, Sandiaga Sepakat


Emir Chairullah | Politik dan Hukum

PARA menteri yang namanya masuk bursa bakal calon presiden dan wakil presiden pada Pemilu 2024 untuk tetap fokus dalam pekerjaannya. “Fokus pekerjaan, tetap fokus (dalam bekerja),” kata Wakil Presiden Ma’ruf Amin usai Rapat Pleno DBON di Istana Wapres, hari ini.

Ma’ruf menambahkan, Presiden Joko Widodo sudah memerintahkan kepada para menteri yang namanya masuk dalam bursa untuk tidak meninggalkan pekerjaannya. “Yang penting seperti presiden bilang. Jangan tinggalkan pekerjaan,” tegasnya.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno yang hadir di rapat tersebut menyetujui perintah yang dikatakan Wapres. Apalagi, tambah Sandiaga, dirinya saat ini ditugas di kementerian yang mengurus sektor yang paling berat terdampak pandemi yaitu pariwisata dan ekonomi kreatif. “Jelas bahwa seluruh kegiatan kita dipusatkan pada kebangkitan ekonomi, pariwisata ekonomi kreatif,” ungkapnya.

Baca juga: Erick Apresiasi Kerja Keras Barikade 98 Kawal Demokrasi Indonesia

Sandi sepakat dengan kekhawatiran masyarakat yang melihat menteri yang namanya disebut-sebut maju bakal menggunakan fasilitas kementeriannya untuk kampanye. Namun demikian, dirinya meyakini hanya menggunakan fasilitas kementerian hanya untuk kepentingan tugas dan fungsi menteri.

“Jadi kalau ada yang dirasakan tidak pas tidak sewajarnya kan bisa disampaikan baik kepada menteri bersangkutan. Masyarakat kan mengawasi banget apalagi ada netizen mana bisa kayak dulu diam-diam, sekarang semuanya terbuka,” jelasnya.

Mengenai kemungkinan dirinya mundur apabila maju dalam kampanye, Sandi menyebutkan, “Ini hak prerogatif presiden dan saya menjalankan fungsi dan tugas di Kemenprekraf sesuai dengan amanah dari beliau,” pungkasnya. (OL-4)

BERITA TERKAIT