10 May 2022, 22:34 WIB

Gerindra Tegaskan Kunjungan Prabowo Pasca-Lebaran Sekadar Silaturahmi


Tri Subarkah | Politik dan Hukum

PARTAI Gerindra menegaskan kunjungan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto ke sejumlah lokasi setelah Hari Raya Idul Fitri hanyalah silaturahmi halalbihalal. Penegasan itu sekaligus membantah adanya agenda politik yang dilakukan Ketua Umum Partai Gerindra tersebut jelang Pemilu 2024.

Saat dikonfirmasi, Ketua Harian Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad menyebut, kunjungan yang dilakukan Prabowo itu tidak menggunakan jabatan dan fasilitas menteri.

"Jadi aneh saja kalau ada yang ngeributin atau mempermasalahkan soal silaturahmi tersebut," katanya kepada Media Indonesia, Selasa (10/5).

Sebelumnya, Deputi V Kantor Staf Kepresidenan (KSP) Jaleswari Pramodhawardani menyinggung bahwa tugas menteri harus tegak lurus menjalankan agenda Presiden Joko Widodo di tengah dinamika politik jelang Pemilu. 

Jaleswari mengatakan, posisi menteri sepatutnya dimaksimalkan untuk membantu jalannya agenda presiden memajukan negara dan menyejahterakan rakyat. 

"Bukan untuk kepentingan yang sifatnya pragmatis dan personal, bahkan mengarah ke konflik kepentingan," ujarnya.

Baca juga : Pengamaat: Ganjar-Erick Jadi Kombinasi Ideal untuk Pilpres 2024

Dasco berpendapat, imbauan tersebut tidak ditujukan secara personal ke Prabowo. Ia mengklaim selama ini Prabowo belum pernah mengadakan kegiatan-kegiatan politik.

"Malah fokus membantu presiden kita," pungkasnya. 

Diketahui, usai melaksanakan salat Ied di Hambalang, Kabupaten Bogor, Prabowo langsung bertolak ke Yogyakarta menemui Presiden Joko Widodo. Setelahnya, Prabowo balik ke Jakarta untuk bersilaturahmi dengan Presiden ke-5 Megwati Soekarnoputri dan Ketua DPR RI Puan Maharani.

Prabowo juga melakukan kunjungan ke Jawa Timur untuk bertemu Gubernur Khofifah Indar Parawansa. Di Jawa Timur, ia turut melakukan silaturahmi ke beberapa pimpinan pondok pesantren. 

Teranyar pada Sabtu (7/5) lalu, Prabowo kembali lagi ke Yogyakarta untuk bertemu dengan Sri Sultan Hamengkubuwana X. (OL-7)

BERITA TERKAIT