09 May 2022, 14:10 WIB

Kemenangan Prabowo-Puan di Pilpres 2024 Bergantung Lawannya


Anggi Tondi Martaon | Politik dan Hukum

PASANGAN Prabowo Subianto dan Puan Maharani (Prabowo-Puan) dinilai bisa memperoleh kemenangan pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Namun, kemenangan tersebut bisa diperoleh jika lawan yang dihadapi tidak memiliki modal elektabilitas tinggi.

Direktur Parameter Politik Indonesia Adi Prayitno menyampaikan potensi kemenangan Prabowo-Puan melalui sejumlah simulasi. Pasangan tersebut bakal kalah jika menghadapi Ganjar Pranowo dan Sandiaga Salahuddin Uno.

Namun, Prabowo-Puan tak akan bertemu Ganjar-sandi. Pasalnya, kedua pasangan calon (paslon) itu berasal dari partai yang sama, yaitu Gerindra dan PDI Perjuangan. 

"Dalam realitasnya, kok rasa-rasanya, Prabowo-Puan agak sulit head to head dengan Ganjar sama sandi. Karena kan partainya sama," kata Adi kepada Medcom.id, Senin (9/5).

Sedangkan Anies dinilai agak sulit mengalahkan Prabowo-Puan. Kemenangan Anies tergantung pendamping Gubernur Jakarta itu nanti di Pilpres.

Baca juga: Pandai Rajut Komunikasi dengan Elite, Puan Dinilai Punya Harapan di 2024 

Dia menyampaikan Anies memiliki kesempatan jika berpasangan dengan Ketua Umum (Ketum) Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). Namun, Anies-AHY masih belum bisa mengalahkan Prabowo-Puan dalam simulasi tersebut. 

"Kalau dirangking gitu kan Ganjar-Sandi paling atas, Prabowo-Puan, baru Anies-AHY," ungkap dia.

Apalagi elektabilitas Anies belum bisa mengalahkan Prabowo. Sehingga, potensi eks Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) itu mengalahkan Prabowo tergantung pada calon wakil presiden.

"Kondisinya elektabilitas Prabowo masih jauh di atas anies. Makanya cawapresnya sangat tergantung," ujar dia. (P-5)

BERITA TERKAIT