13 April 2022, 21:03 WIB

KPU: Anggaran Pemilu Serentak Bisa Kembali Ditekan


Anggitondi Martaon |

KOMISI Pemilihan Umum (KPU) menyampaikan anggaran pemilu 2024 berpotensi kembali turun. Hal itu merupakan bagian kesepakatan rapat kerja bersama Komisi II DPR dan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian.

"Anggaran dari KPU kan yang diajukan semula sekitar Rp86 triliun. Kemudian, sudah direview diajukan Rp76,6 triliun. Nah, ini kan masih direview lagi," ungkap Ketua KPU Hasyim Asy'ari di Kompleks Parlemen, Rabu (13/4).

Baca juga: Presiden Pastikan Ketersediaan Anggaran untuk KPU dan Bawaslu

Lebih lanjut, dia menjelaskan potensi pemangkasan anggaran pemilu 2024 dikarenakan pemerintah bakal mengupayakan pengadaan sejumlah aspek. Misalnya, pembiayaan infrastruktur kantor dan gudang logistik di daerah.

Hasyim mengatakan bahwa pemerintah telah menyatakan niat untuk membantu KPU terkait pengadaan infrastruktur. Dalam hal ini, melalui bantuan pemerintah daerah.

Baca juga: Kemendagri Ungkap Tantangan Pemilu Serentak 2024

"Pak Mendagri juga mengatakan akan menerbitkan surat edaran. Itu pasti akan dijadikan pembahasan kira-kira apa saja, daerah mana saja yang akan dimintakan KPU dukungan dari pemerintah pusat, maupun pemerintah daerah," paparnya.

Namun, pihaknya belum menyebut daerah mana yang membutuhkan bantuan infrastruktur tersebut. Hal itu bakal dikaji lebih dalam oleh KPU.

Lalu, hal kedua ialah terkait anggaran penanganan covid-19, termasuk APD. Akan tetapi, belum diketahui besaran efesiensi anggaran yang akan dilakukan lembaga penyelenggara pemilu tersebut.(OL-11)

BERITA TERKAIT