12 April 2022, 22:03 WIB

Rahmat Bagja Terpilih Sebagai Ketua Bawaslu Periode 2022-2027


Widhoroso |

RAHMAT Bagja terpilih sebagai Ketua Bawaslu periode 2022-2027 melalui rapat pleno pimpinan di Gedung Bawaslu RI usai dilantik oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo.

"Bapak Rahmat Bagja diberi amanah untuk memastikan proses kolektif kolegial kepemimpinan Bawaslu RI dapat berjalan sebaik-baiknya sebagai langkah memastikan pengawasan kualitas demokrasi kita akan mengalami kemajuan," kata anggota Bawaslu Lolly Suhenty saat konferensi pers dan perkenalan pimpinan Bawaslu RI di Jakarta, Selasa (12/4).

Kelima anggota Bawaslu periode 2022-2027 bersepakat memilih Rahmat Bagja sebagai Ketua Bawaslu. Dalam konferensi pers tersebut, Lolly memperkenalkan seluruh pimpinan Bawaslu periode 2022-2027 yakni Rahmat Bagja, Puadi, Totok Haryono, Herwyn Jefler H Malonda, dan Lolly Suhenty.

Anggota Bawaslu Puadi menegaskan dalam penentuan Ketua Bawaslu, anggota terpilih secara bulat menunjuk Rahmat Bagja sebagai ketua Bawaslu RI periode 2022-2027. "Pada saat menentukan proses pleno tidak ada perdebatan dalam menentukan ketua Bawaslu RI," katanya.

Para Anggota Bawaslu RI terpilih menyampaikan selamat kepada Rahmat Bagja yang akan mengemban tampuk pimpinan hingga lima tahun ke depan. "Selamat kepada Bapak Rahmat Bagja dan itu pemilihannya sangat cair sekali," ujarnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) masa jabatan 2022-2027 di Istana Negara, Jakarta. Presiden melantik anggota KPU dan Bawaslu berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 33P Tahun 2022 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU), dan Keputusan Presiden RI Nomor 34P Tahun 2022 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu). (Ant/OL-15)

BERITA TERKAIT