07 April 2022, 17:55 WIB

Divonis Bebas, Fakhri Hilmi Akan Disambut Kembali ke OJK


Fetry Wuryasti |

SEHUBUNGAN dengan Putusan Kasasi Mahkamah Agung yang memutus bebas Fakhri Hilmi, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyampaikan menghormati proses hukum berkaitan dengan hasil keputusan Kasasi Mahkamah Agung yang membebaskan Fakhri Hilmi dari segala tuntutan hukum kasus Asuransi Jiwasraya.

"Hal ini senantiasa menjadi upaya dan komitmen OJK menjunjung tinggi integritas dan profesionalisme dalam pelaksanaan tugas sebagaimana diamanatkan UU OJK," kata Deputi Komisioner Humas dan Logistik, Anto Prabowo, Kamis (7/4).

OJK menyambut Fakhri Hilmi melanjutkan kembali pengabdian tugas di OJK.

Sebelumnya, pada uji kepatutan dan kelayakan calon anggota DK OJK, Kepala Pengawas Pasar Modal Hoesen menekankan sampai hari ini punya keyakinan, anak buahnya yang terkait dengan Jiwasraya itu tidak bersalah.

Baca juga: Jaksa belum Bersikap Atas Putusan Bebas Terdakwa Jiwasraya

"Itu keyakinan saya. Makanya saat prosesnya saya memberikan personal guarantee saya. Saya sebagai atasan tidak akan pernah membiarkan, kecuali memang bisa dibuktikan kalau dia memang menerima uang atau melakukan kesalahan," kata Hoesen, di hadapan Komisi XI DPR RI, Kamis (7/4).

Menurut Hoesen, sikap ini merupakan integritas sebagai kepala pengawas, demi mencegah timbulnya moral hazard di kalangan regulator. Hoesen mengakui, masalah anak buahnya tersebut berada di sisi performance, tapi belum tentu melakukan fraud atau tindakan ilegal.

"Kalau misalnya performance dia bekerja kemudian jadi pidana, tidak ada satu pun orang di dunia ini mau bekerja, bu, kalau masalah performance. Kecuali kalau memang masalah fraud. Saya tulis dan berikan personal guarantee karena saya punya keyakinan, walaupun saya tidak kenal sebelumnya," kata Hoesen. (OL-4)

BERITA TERKAIT