06 April 2022, 14:01 WIB

BPIP dan Panglima TNI Siapkan Strategi Bumikan Nilai-Nilai Pancasila


Siswantini Suryandari |

BADAN Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) bersilaturahim dengan Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI) Jenderal TNI Andika Perkasa, Selasa (5/4).

Kunjungan yang dipimpin langsung oleh Wakil Ketua Dewan Pengarah BPIP Jenderal TNI (Purn) Try Sutrisno itu mengajak Panglima TNI untuk menguatkan sinergitas dalam pembumian nilai-nilai Pancasila, dalam berkehidupan berbangsa dan bernegara.

Menurutnya internalisasi nilai-nilai Pancasila sangat penting apalagi generasi muda sebagai penerus bangsa, maka dari itu ia berharap TNI menjadi pelopor dalam menginternalisasi nilai-nilai Pancasila kepada masyarakat secara umum.

"Saya sangat khawatir dengan masuknya ideologi-deologi lain yang mengancam generasi-generasi muda saat ini. Maka dari itu TNI, Polri harus menjadi pelopor membantu BPIP dalam menginternalisasi nilai-nilai Pancasila," kata Try Sutrisno dalam keterangan tertulis.

Dalam kesempatan yang sama Kepala BPIP Prof Yudian Wahyudi berharap dalam memperkokoh sinergitas tersebut perlu ada nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) antara BPIP dan Panglima TNI.

baca juga: Salam Pancasila Untuk Kemajemukan Indonesia

Selain MoU program dan kegiatan ia berharap Panglima TNI dapat menyosialisasikan salam Pancasila, atau salam kebangsaan kepada seluruh unsur satuan TNI dari tingkat pusat, daerah sampai desa dan seluruh masyarakat.

Panglima TNI, Andika Perkasa,menyambut baik kedatangan BPIP. Ia menegaskan siap dan akan bertanggungjawab dalam membantu BPIP.

"Kami menyambut baik, pada intinya kami siap untuk melaksanakan tugas-tugas negara termasuk memperkuat ideologi bangsa:”, tegasnya.

Ia bahkan akan menginstruksikan jajarannya dari tingkat atas sampai bawah dalam menyosialisasikan nilai-nilai Pancasila dalam berkehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegera. (N-1)

 

BERITA TERKAIT