01 April 2022, 20:49 WIB

Erick Thohir Dinilai Semakin Potensial Di Pilpres 2024


Widhoroso |

MASIFNYA dukungan masyarakat Indonesia, khususnya di Jawa Timur (Jatim), kepada Menteri BUMN Erick Thohir dinilai merupakan bukti bahwa salah satu menteri terbaik Presiden Joko Widodo ini makin potensial untuk berlaga di Pilpres 2024. Hal itu diungkapkan pengamat politik Surokim Abdussalam.

"Erick Thohir mulai menguat dan meleading dalam tahap surfacing (pemunculan) kandidat Pilpres 2024," ujar Surokim, Kamis (31/03).

Peneliti senior Surabaya Survei Center (SSC) ini mengatakan hal  tersebut akan semakin membuka lebar peluang Erick Thohir untuk berpartisipasi di pesta demokrasi mendatang. Di mana salah satu tahapan krusial dan terpenting dalam kontestasi pilpres yang harus dilalui dan direbut oleh para kandidat adalah tahap surfacing tersebut.

"Hal ini akan membuka peluang Pak Erick Thohir untuk makin melesat dalam primary yang akan menentukan dalam tahap nominasi, kandidasi, dan pemilihan," tutur Surokim.

Seperti diketahui, di Jatim sendiri, ragam kalangan masyarakat telah menyatakan dukungan kepada Erick Thohir agar maju menjadi capres di Pemilu 2024. Terdapat empat gerakan relawan yang memberikan dukungan kepada mantan Ketua TKN Jokowi-Ma'ruf ini.

Diantaranya adalah Konco Erick Thohir, Konco Erick Thohir-Risma (Keris), Bersama Erick Thohir-Khofifah (Berkah) dan Santri Muda Nusantara untuk Erick Thohir (Samudra Etho). Makin meluas, Konco Erick Thohir terus menghimpun kekuatan dengan bergabungnya Jaringan Kyai Muda se-Jatim, Nelayan se-Jatim, Petani Garam Jatim dan Petani Tembakau se-Madura Raya.

Dikatakan Surokim, relawan-relawan ini memiliki satu tujuan sama yakni mendorong Erick Thohir agar mengikuti kontestasi Pemilu 2024 sebagai capres. Melihat ini, Surokim meyakini Erick Thohir telah berhasil melewati tahapan surfacing yang turut berdampak pada semakin naiknya nilai popularitas dan elektabilitas. Terlebih Anggota Kehormatan Banser ini dikenal sebagai sosok pemimpin yang bersih, amanah, berani dan tegas.

"Sejauh ini jika dilihat dari faktor pemberat, Pak Erick Thohir tidak memiliki kasus hukum yang bisa menjeratnya menjadi layu,” tegas Surokim.

Ditambah lagi Erick Thohir memiliki kedekatan dan hubungan yang erat dengan Presiden Jokowi, serta pejabat publik lain hingga tokoh parpol. Surokim mengatakan Ketum Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) ini leluasa menempatkan diri tanpa halangan, yang membuat bisa terus menunjukkan tren positif yang berkelanjutan. "Komunikasi politik Erick Thohir melalui panggung politik utama strategis terus menunjukkan trend eksis positif berkesinambungan," pungkas Surokim. (RO/OL-15)

BERITA TERKAIT