29 March 2022, 19:58 WIB

Mendagri: Kepala Desa Harus Paham Urusan Birokrasi 


Andhika Prasetyo |

MENTERI Dalam Negeri Tito Karnavian meminta seluruh kepala desa di Indonesia untuk benar-benar memahami sistem birokrasi dan manajemen keuangan negara.

Dua hal itu harus dikuasai dengan betul. Sebab, para pemimpin desa tidak hanya bertugas mengomandoi warga, namun juga mengawal jalannya kehidupan di wilayah masing-masing.

Baca juga: Presiden Sebut Dana Desa Ditambah pada Tahun Depan

"Peran kepala desa tidak hanya sebagai pemimpin komunitas, tapi juga birokrat yang harus paham birokrasi pemerintahan dan keuangan negara," ujar Tito dalam Silaturahmi Nasional Apdesi, Selasa (29/3).

Sebagai contoh, pada masa pandemi covid-19, kepala desa harus bisa mengatur kebutuhan masyarakat. Lalu, mampu mengoordinasikan dengan ketua RT/RW setempat. Kepala desa juga harus memahami hal yang menjadi prioritas, sehingga penanganan pandemi berjalan baik.

"Jadi peran kepala desa tidak kecil. Dalam pelaksanaan PPKM mikro, semua itu sangat diperlukan," pungkas Tito.

Baca juga: Jokowi Tidak Mau Dinobatkan Sebagai Bapak Pembangunan Desa

Untuk mendukung peningkatan kualitas kepala daerah, Kementerian Dalam Negeri telah memberikan berbagai pelatihan terkait manajemen desa. Berikut, pengelolaan keuangan dan kepemimpinan secara umum.

"Sejak 2015, kementerian sudah memberi pelatihan bagi 158 ribu aparatur desa. Itu penting untuk membangun kuakitas SDM desa," tutupnya.(OL-11)

BERITA TERKAIT