28 March 2022, 16:46 WIB

Kompolnas: Generasi Milenial Polri Perlu Lebih Diawasi


Yakub Pryatama Wijayaatmaja |

KOMISIONER Kompolnas Poengky Indarti menyatakan bahwa generasi milenial, khususnya anggota Polri, perlu diawasi. Sehingga, tidak keluar jalur, apalagi melakukan banyak pelanggaran. 

Hal itu diungkapkan Poengky dalam peluncuran dan bedah buku Jalan Presisi Kapolri: Aksi, Refleksi, Pandemi, di Universitas Paramadina, Senin (28/3). 

"Secara internal, generasi milenial Polri ini kerap jadi masalah. Mereka mampu berprestasi, punya ide yang baik, tetapi penyalurannya harus baik," tutur Poengky.

Baca juga: Polri Bantah Anaktirikan Haris-Fatia demi Menko Luhut

Sejauh ini, lanjut dia, banyak anggota milenial Polri yang butuh bimbingan dan pengawasan yang tepat. Dengan begitu, kalangan milenial Polri terhindar dari pelanggaran hukum. 

Para milenial Polri memang sudah mendapatkan pendidikan terkait hak asasi manusia (HAM). Namun, kata Poengky, waktu pembelajaran di pendidikan hanya sebentar, yakni 2 SKS. Itu pun masuk dalam kelas hukum dan HAM, atau lebih ke teori, tanpa adanya praktik. 

Baca juga: KPK Panggil Andi Arief Terkait Kasus Suap Bupati PPU

"Sehingga yang perlu diperbaiki adalah mereka diberi praktik. Mereka hapal di luar kepala dan bisa berpedoman dengan HAM," jelasnya.

"Reward dan punishment juga sangat penting. Mereka perlu mengutamakan tindakan preventif, ketimbang melakukan ancaman atau kekerasan," sambung dia.

Poengky menyoroti program Presisi yang dicanangkan Kapolri Jenderal Listyo Sigit. Menurutnya, Polri harus lebih mampu adaptasi dengan teknologi. Mengingat, perkembangan zaman yang semakin cepat.(OL-11)

BERITA TERKAIT