22 March 2022, 21:17 WIB

Mahfud MD: Diskusi Penundaan Pemilu 2024 Hal Lumrah, tidak Dilarang


Herwanto (Metro TV) / Muhardi (Story Builder) |

PEMERINTAH memberikan jawaban terbaru soal wacana penundaan pemilu. Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menegaskan pihaknya tetap fokus melakukan persiapan Pemilu 2024. 

"Jadi pemerintah sekali lagi tetap menyiapkan jadwal 2024 untuk pemilu presiden dan wapres, serta legislatif dan pilkada serentak," ujar Mahfud MD saat melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur, Selasa (22/3/2022).

Baca juga: Komnas HAM Heran Dalang Kasus Kerangkeng Manusia masih Berkeliaran

Mahfud kemudian menilai wacana terkait penundaan pemilu yang muncul di parpol, DPR, LSM dan ormas merupakan hal lumrah untuk dilakukan. 

"Bahwa Partai Politik, DPR, LSM, Ormas, mau mendiskusikan hal itu, diskusikan saja. Silakan diskusi, apa hasilnya itu urusan politik. Tapi bagi pemerintah, saya sekarang sudah menyiapkan. Tahun 2024 ada Pemilu Presiden dan Wakil Presiden, legislatif dan pilkada serentak. Itu kita siapkan," jelas Mahfud.

Mahfud juga menjelaskan soal beredarnya undangan acara yang berisi agenda soal pembahasan pemunduran pemilu yang rencananya dilakukan di Balikpapan, Senin (21/3/2022). Acara itu turut mengundang KPU dan Bawaslu Kota Balikpapan.

Baca juga: DPR Desak Aparat Hukum Langsung Tangkap Mafia Minyak Goreng

Mahfud mengatakan agenda tersebut dibatalkan. Acara itu batal lantaran itu memunculkan isu liar bahwa Kemenko Polhukam mengagendakan wacana penundaan pemilu.

"Padahal sebenarnya kita ingin menginformasikan kepada masyarakat jika pelaksanaan pemilu tetap dilaksanakan sesuai jadwal," kata Mahfud. (Mhd/A-3) 

BERITA TERKAIT