17 March 2022, 17:35 WIB

IPDN Diharapkan Lahirkan Agen Perubahan


Mediaindonesia.com |

WAKIL Presiden Ma'ruf Amin berharap Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) dapat menjadi teladan penggugah semangat perubahan, memberikan inspirasi moral dalam melaksanakan pengabdian bagi bangsa dan negara serta dapat menghilangkan sekat-sekat egosektoral di kalangan instansi pemerintah. 

Pesan ini disampaikan secara virtual oleh Ma’ruf pada saat pelaksanaan acara puncak peringatan dies natalis IPDN ke-66 yang diselenggarakan secara terbatas di Gedung Balairung Rudini IPDN Kampus Jatinangor, Jawa Barat.

"Kuatnya ego sektoral jelas menjadi penghambat terwujudnya pelayanan yang prima bagi masyarakat. Untuk itu, IPDN harus tampil terdepan dalam membangun pelayanan publik yang mengutamakan partisipasi, sinergi dan kolaborasi dengan berbagai pihak,” ujar Wapres.

Selain itu, Ma’ruf juga kembali mengingatkan IPDN untuk terus fokus dalam mencetak sumber daya manusia yang unggul, profesional, visioner, berintegritas, beriman, berdaya saing serta memiliki karakter melayani masyarakat. 

Mengusung tema “Transformasi Digitalisasi, Budaya Mutu dan Berakhlak menuju Pendidikan Tinggi Kepamongprajaan Unggul, Berkualitas dan Bangga Melayani Bangsa”, IPDN menggelar upacara peringatan dies natalis dengan menampilkan video ucapan selamat dies natalis untuk IPDN dari beberapa pejabat tinggi negeri.

Di antaranya, Ketua DPR Puan Maharani, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavia, Ketua DPD LaNyalla Mahmud Mattalitti, Ketua Komisi II DPR Ahmad Doli Kurnia serta pejabat tinggi lainnya. 

Puan mengatakan, IPDN sebagai salah satu sumber perekrutan ASN diharapkan mampu meninhkatkan kualitas aparat birokrasi.

“Kualitas praja IPDN harus semakin ditingkatkan, agar ketika lulus mereka siap menjadi abdi masyarakat yang menerapkan praktik good government dan good governance," ujarnya. 

Pada kesempatan itu, Tito berharap baik praja maupun alumni IPDN dapat memiliki nilai, kecerdasan, kedisiplinan dan kepribadian yang humanis serta berakhlak, sehingga terbentuk jati diri yang unggul, berkualitas, berintegritas dan siap serta bangga mengabdi kepada masyarakat, bangsa dan negara. 

“Saya berharap praja IPDN dapat berperan sebagai think tank dan center of excellent dalam mendukung Kemendagri pada penyelenggaraan pemerintahan," imbuh Tito.

"Saya juga sangat mengapresiasi prestasi IPDN yang telah menghilangkan tradisi-tradisi yang tidak baik seperti pemukulan dan kekerasan, hingga sampai dengan saat ini tidak terjadi lagi di IPDN," sambung Tito.

Acara puncak dies natalis yang diikuti oleh seluruh kampus IPDN daerah secara daring ini juga dimeriahkan dengan penyerahan penghargaan kepada dosen, pelatih, pengasuh dan pegawai teladan serta pemberian hadiah kepada pemenang beberapa perlombaan.

Adapun Rektor IPDN Hadi Prabowo menyampaikan, sampai tahun ini banyak sekali capaian gemilang yang telah diraih oleh IPDN. 

Di antaranya, peningkatan penerapan aplikasi digitalisasi dalam mendukung proses pembelajaran menuju smart campus, dibangunnya Laboratorium Program Studi Keuangan Publik di IPDN akampus Jakarta dan Sumatra Barat, terjalinnya kerja sama dengan 117 perguruan tinggi dalam dan luar negeri, diselenggarakannya beberapa kegiatan stadium general berskala nasional maupun internasional dan lain sebagainya. 

“IPDN juga telah berhasil melaksanakan kegiatan gebyar vaksinasi baik vaksin kesatu, kedua dan gebyar vaksinasi booster bekerja sama dengan TNI AL, relawan covid dan pemerintah daerah setempat dengan jumlah masyarakat yang tervaksin sebanyak 36.708 orang. Ini sebuah capaian besar dalam membantu pemerintah setempat meningkatkan herd immunity," tandas Hadi. (Ant/OL-8)

BERITA TERKAIT