09 March 2022, 23:02 WIB

Sumut Terima Bantuan Oksigen Medis dari PGN


Yoseph Pencawan |

SUMATERA Utara (Sumut) menjadi satu dari tiga provinsi penerima bantuan oksigen medis dari Perusahaan Gas Negara (PGN). Penyaluran bantuan gas medis akan dilakukan hingga enam bulan ke depan.

Sekretaris Perusahaan PGN Rachmat Hutama menerangkan, PGN bersama anak usahanya, PT Gagas Energi Indonesia menyalurkan bantuan oksigen medis untuk kebutuhan rumah sakit di tiga provinsi. "Ketiga provinsi tersebut adalah DKI Jakarta, Jawa Timur dan Sumatera Utara," ungkapnya dalam keterangan tertulis yang diterima, Rabu (9/3).

Dia menjelaskan, PGN bersama dengan Gagas secara bertahap menyalurkan total 500 tabung oksigen untuk 19 rumah sakit. Adapun penyalurannya akan dilakukan selama enam bulan.

Sasaran rumah sakit penerima bantuan berada di bawah naungan PT Pertamina Bina Medika IHC (PB IHC) di ketiga provinsi tersebut. Untuk penerima di Jakarta di antaranya RS Pelni, RS Pelabuhan dan RS Universitas Indonesia di Depok.

Untuk penerima di Jatim antara lain RS PHC Surabaya, RS Gatoel Mojokerto dan RS Graha Husada Gresik. Sedangkan penerima bantuan di Sumut adalah RS Prima Husada Cipta Medan, RS Bangkatan Binjai dan RS dr. G L Tobing Deli Serdang.

Menurut dia, tabung dapat diisi kembali di tiga lokasi oksigen generator PGN di Klender, Surabaya dan Medan. Oksigen generator tersebut berkapasitas minimum 50 m³ per jam dan mampu mengisi 200 tabung oksigen kapasitas enam liter selama 24 jam.

Bantuan ini merupakan bentuk komitmen dan kontribusi CSR PGN dalam mendukung pemerintah menanggulangi Covid-19. Serta pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs), khususnya dalam poin good health and well-being.

Direktur Utama Gagas Muhammad Hardiansyah menambahkan, pihaknya pun berkomitmen untuk terus membantu penanganan pandemi Covid-19. Yakni melalui berbagai program tanggung jawab sosial dan lingkungan untuk masyarakat. Saat ini mereka fokus membantu dan menjaga kebutuhan pasokan oksigen untuk rumah sakit di Jakarta, Surabaya dan Medan. (OL-15)

BERITA TERKAIT