27 January 2022, 13:20 WIB

Berkolaborasi Gelar Top Legislator Award 2022 For Personal Branding


Mediaindonesia.com | Politik dan Hukum

PORTAL media online SuaraPemerintah.ID bersama TRAS N CO Indonesia berkolaborasi menggelar penghargaan Top Legislator Award 2022 For Personal Branding. Acara itu  diselenggarakan dalam rangka memberikan apresiasi kepada anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia yang berhasil membangun personal branding mereka di ranah digital, membangun komunikasi dua arah, serta menciptakan image yang positif di benak masyarakat Indonesia.

CEO SuaraPemerintah.ID, Arief Munajad mengatakan, personal branding bukan hanya sekedar penampilan yang menarik. Personal Branding adalah bagaimana seorang anggota dewan membangun citra diri dari berbagai hal positif.  “Dengan strategi branding yang tepat turut menentukan bagaimana konstituennya memandang anggota dewan tersebut. Pasalnya, sekarang ini para konstituen dapat dengan mudah memantau kinerja serta mendapatkan informasi apapun tentang anggota dewan yang dipilihnya dengan hanya bermodalkan handphone saja,” ujar Arief, di Jakarta, Kamis (20/1).

Baca juga: Anggota DPR: Penanganan COVID-19 sudah Baik

Menurut Arief, saat ini personal branding mutlak dibutuhkan oleh para anggota dewan. Dengan kata lain, anggota dewan harus mampu meningkatkan persona pribadinya dengan menekankan kekuatan serta keahlian individu yang dimiliki.
“Selain personal branding di ranah digital, komunikasi dua arah antara anggota dewan dan konstituen juga sangat diperlukan. Dengan hubungan yang baik antara anggota dewan dengan konstituennya akan membuat anggota dewan tersebut mampu memenuhi peran perwakilan mereka terhadap konstituennya,” tuturnya.

Pada kesempatan sama, CEO TRAS N CO Indonesia, Tri Raharjo, mengatakan seorang anggota legislatif harus mampu merepresentasikan citra positif seorang anggota DPR yang memang layak terpilih oleh masyarakat. “Melalui citra positif yang ditampilkan seorang anggota legislatif ini, tentunya mampu menambah kepercayaan masyarakat pemilih terhadap anggota legislatif itu sendiri. Kondisi ini menjadikan personal branding wajib dilakukan oleh para anggota legislatif, dengan personal branding, akan menunjukkan perbedaan antara satu anggota legislatif dengan anggota legislatif lainnya.”

Tri menambahkan, selain personal branding, komunikasi dua arah antara anggota legislatif dengan konstituennya mutlak diperlukan. “Dengan hubungan yang baik antara legislator dengan konstituennya akan membuat mereka mampu memenuhi peran perwakilan mereka, sekaligus menyediakan informasi untuk menjalankan peran pengawasan dan pembuatan Undang-undang dengan lebih baik,” ujarnya.

Ajang Top Legislator Award 2022 akan digelar pada Rabu, 2 Maret mendatang melalui virtual, yang akan dihadiri ratusan audience, yang berasal dari achiever, tamu undangan, rekan media dan lain-lain.  Penilaian TOP Legislator Award 2022 For Personal Branding dilakukan mulai Oktober – Desember 2021.

Pengumpulan data dilakukan melalui engine pihak ketiga yang bersifat independen dan kredibel mengacu kepada tiga parameter penilaian digital, yaitu: Digital Awareness Aspect, Digital Media Aspect, dan Social Media Aspect. (RO/A-1)

BERITA TERKAIT