24 January 2022, 21:45 WIB

PKS: KPU Harus Segera Siapkan Regulasi Pemilu 2024


Emir Chairullah | Politik dan Hukum

KETUA DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Mardani Ali Sera menyambut baik kesepakatan terkait dengan waktu penyelenggaraan Pemilu 2024 antara pemerintah, DPR, dan KPU. 

Menurutnya, kesepakatan tersebut merupakan awal baik untuk menyiapkan penyelenggaraan pemilu yang berkualitas. Namun demikian, ditetapkannya 14 Februari 2024 sebagai hari penyelenggaraan pemilu menyebabkan waktu persiapan penyelenggara pemilu semakin pendek.

Baca juga: PAN Dukung Pileg-Pilpres Digelar 14 Februari 2024

“Karena itu semua harus menyiapkan diri sebaik mungkin demi terselenggaranya pemilu yang berkualitas,” katanya ketika dihubungi, Senin (24/1/2022).

Mardani meminta pihak para penyelenggara pemilu diminta segera menyiapkan regulasi agar bisa menghasilkan pemilu yang berkualitas. “Perlu segera diikuti dengan pembahasan PKPU dan perbawaslu untuk menyiapkan semua infrastruktur dan ekosistem menghadirkan pemilu murah, mudah dan substantif,” pungkasnya. 

Pemerintah menyepakati pemungutan suara pemilihan umum legislatif (pileg) DPR, DPRD, dan DPD serta pemilu presiden (pilpres) digelar pada 14 Februari 2024. Sementara itu, pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak digelar pada 27 November 2024.

Hal itu terungkap dalam Rapat Kerja dengan Mendagri dan Rapat Dengar Pendapat KPU, Bawaslu dan DKPP di Gedung Nusantara, Komplek Parlemen Senayan, Jakarta, Senin (24/1/2022). (Che/A-3)

BERITA TERKAIT