24 January 2022, 21:32 WIB

PAN Dukung Pileg-Pilpres Digelar 14 Februari 2024


Sri Utami | Politik dan Hukum

PEMERINTAH menyepakati pemungutan suara Pemilihan Umum Legislatif (Pileg) DPR, DPRD, dan DPD serta Pemilu Presiden (Pilpres) digelar pada 14 Februari 2024. Politikus Partai Amanat Nasional (PAN) Guspardi Gaus menilai hal tersebut merupakan pilihan rasional.

Dengan demikian, jadwal pemilu tidak akan beririsan dengan pelaksanaan pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak yang juga digelar pada 2024 tepatnya 27 November. Penyelenggara pemilu jadi punya ruang yang cukup untuk menyiapkan secara detail dan matang setiap tahapan pemilu maupun pilkada. 

Baca juga: Vespa Benz Owners (VBO) Rayakan HUT Perdana

"Jauh-jauh hari Komisi II menyarankan kepada KPU dan pemerintah mencari dan menyepakati waktu yang tepat guna menggelar pesta demokrasi 5 tahunan," ujar anggota Komisi II DPR itu saat dihubungi, Senin (24/1/2022).

Ia berharap KPU segera menyusun agenda dan tahapan pemilu serta pilkada dengan tetap berpedoman kepada azas efektif dan efisien baik dari persiapan setiap tahapan maupun anggaranya. 

"Selanjutnya akan dibahas dan diperdalam lebih lanjut oleh Komisi II DPR dalam rapat berikutnya bersama Pemerintah dan penyelenggara pemilu," tukasnya. (Sru/A-3)

BERITA TERKAIT