21 January 2022, 07:20 WIB

Kepala Badan Otorita IKN Bakal Punya Panggung Menuju Pilpres 2024


Andhika Prasetyo | Politik dan Hukum

FOUNDER lembaga survei KedaiKOPI Hendri Satrio mengungkapkan siapapun nanti yang terpilih menjadi kepala badan otorita Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, figur tersebut akan semakin mudah untuk melaju ke kontestasi pilpres 2024.

Menurutnya, menangani IKN bisa menjadi sebuah panggung sekaligus pembuktian kerja kepada masyarakat.

"Itu adalah kesempatan luar biasa. Tapi juga harus hati hati. Mereka akan menanggung beban yang luar biasa jadi tidak boleh gagal. Kalau gagal, hilang sudah kesempatan untuk memimpin negeri ini," ujar Hendri melalui keterangan tertulis, Jumat (21/1).

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo telah mengungkap sosok yang menurutnya cocok menjadi kepala otoritas IKN Nusantara. Sosok tersebut adalah yang pernah menjadi kepala daerah dan berlatar belakang arsitek.

Baca juga: KPU Usulkan Alternatif Pemilu 14 Februari 2024

Saat ini, salah satu figur yang memenuhi kriteria itu adalah Ridwan Kamil.

"Kalau salah satu kriterianya arsitek dan salah satu kepala daerah yang berlatar belakang arsitek kan Ridwan Kamil. Ini komposisi yang lengkap," ucap Hendri.

Menurutnya, Jokowi tidak akan sembarangan dalam menunjuk sosok yang akan bertanggung jawab dalam pembangunan ibu kota baru. Pasalnya, itu adalah salah satu warisan besar yang sangat monumental.

"Jokowi tidak akan sembarangan menunjuk orang menjadi kepala otorita IKN. Artinya apa? Artinya Jokowi memercayakan monumen mercusuarnya kepada seseorang yang pada akhirnya menjadi modal untuk pencapresan di 2024," tandasnya.(OL-4)

BERITA TERKAIT