20 January 2022, 13:26 WIB

Hasil Evaluasi 2021, Prabowo Lanjutkan Pembentukan Komponen Cadangan


Tri Subarkah | Politik dan Hukum

KEBIJAKAN pertahanan negara 2022 merupakan hasil evaluasi dan tindak lanjut dari kebijakan yang ditetapkan dalam penyelenggaraan kebijakan tahun lalu. Dari evaluasi itu, sasaran kebijakan diputuskan untuk dilanjutkan, termasuk pembentukan komponen cadangan (komcad).

"Sasaran kebijakan yang masih berlangsung akan dilanjutkan, di antaranya kebijakan pembentukan komponen cadangan dan penataan komponen pendukung," ujar Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto saat membuka Rapat Pimpinan Kemenhan Tahun 2022, Kamis (20/1).

Kehadiran komcad sendiri telah dilandasi dengan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Sumber Daya Nasional untuk Pertahanan Negara (PSDN).

Selain pembentukan komcad, Kemenhan juga melanjutkan kebijakan lainnya, seperti pembangunan postur TNI, perwujudan pertahanan yang bertumpu pada pulau-pulau besar, dan penguatan pertahanan di wilayah selat-selat strategis.

Melalui Rapim Kemenhan 2022 yang mengambil tema Konsolidasi Pembangunan Kekuatan Pertahanan Negara, Prabowo berharap seluruh komponen bangsa bisa bersinergi untuk menegakkan kedaulatan negara.

Di sisi lain, pengelolaan pertahanan kemanan yang profesional juga akan menjamin pemulihan ekonomi.

"Menjamin keberlangsungan pemulihan ekonomi nasional dan reformasi struktural yang berkelanjutan serta pertahanan negara yang kokoh menuju Indonesia maju," tandasnya. (Tri/OL-09)

BERITA TERKAIT