18 January 2022, 17:44 WIB

Pekerja Sektor Esensial Kota Malang Jalani Vaksinasi Dosis Booster


Bagus Suryo | Politik dan Hukum

PEKERJA sektor esensial di Kota Malang, Jawa Timur, menerima vaksinasi booster. Mereka yang menerima vaksin dosis ketiga itu setelah memenuhi syarat dua dosis vaksinasi sinovac dalam rentang waktu minimal 6 bulan terakhir.

"Vaksinasi booster juga mengutamakan warga rentan dan lanjut usia," tegas Kepala Dinas Kesehatan Kota Malang Husnul Muarif, Selasa (18/1).

Ia menjelaskan Kepala OPD diutamakan karena bersentuhan langsung dengan masyarakat dalam melayani publik. Adapun vaksinasi booster sudah berlangsung melibatkan 16 puskesmas, 20 rumah sakit dan 45 klinik.

Sedangkan realisasi booster terus ditingkatkan sampai Januari ini tercapai sebanyak 10 ribu Pfizer dan 28 ribu AstraZeneca. "Vaksinasi hari ini para camat dan keprotokolan Pemkot Malang sekitar 200 orang," ungkapnya.

Percepatan dosis dilakukan booster mengingat varian omikron sudah merambah Kabupaten Malang. Karena itu masyarakat diimbau meningkatkan kewaspadaan tapi jangan panik dan mematuhi protokol kesehatan menjadi yang utama. "Kami sudah meminta petugas fasilitas kesehatan untuk mendata kebutuhan booster di masing-masing wilayah," ujarnya.

Terkait penanganan omikron, lanjutnya, Dinas Kesehatan Kota Malang sudah melakukan tracing dan testing yang hasilnya negatif. Sejauh ini, Pemkot Malang mencatat realisasi vaksinasi sampai awal minggu pertama Januari 2022 untuk dosis pertama tercapai 107,13%. Adapun dosis kedua tercapai 93,24% dan dosis ketiga untuk tenaga medis tercapai 101,22%. Sedangkan vaksinasi lansia dosis  pertama tercapai  68,01% atau 56.501 dan dosis kedua tercapai 62,23%. (OL-15)

BERITA TERKAIT