13 January 2022, 11:31 WIB

Kapolri: Sebanyak 79 Persen Kejahatan Konvensional Terjadi di Tanah Air


Yakub Pryatama Wijayaatmaja | Politik dan Hukum

KAPOLRI Jenderal Listyo Sigit Prabowo membeberkan bahwa sepanjang tahun 2021 ada sebanyak 79 persen kejahatan konvensional terjadi di Tanah Air. Hal itu diungkapkan Listyo dalam peresmian tim perintis presisi Polda Metro Jaya, Jakarta, Kamis (13/1).

Listyo menuturkan 35 persen dari kejahatan konvensional itu adalah kejahatan jalanan. Ia berharap tim patroli perintis presisi yang digagas Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran bisa hadir memberikan rasa aman bagi masyarakat. "Kehadiran rekan-rekan dalam memberikan rasa aman pada saat masyarakat melaksanakan kegiatan-kegiatan tentunya sangat penting," ujar Listyo, Kamis (13/1).

Eks Kabareskrim itu meminta tim Patroli Presisi agar diintegrasikan dengan layanan 110. Hal ini dibutuhkan supaya tim bisa bergerak cepat saat dibutuhkan masyarakat.

Listyo menegaskan tim Patroli Presisi tidak lelet saat  menindaklanjuti laporan masyarakat. "Oleh karena itu, tolong diintegrasikan dengan layanan 110, integrasikan agar bisa termonitor dan pada saat ada pengaduan terkait dengan adanya peristiwa kejahatan yang membutuhkan kehadiran rekan-rekan bisa hadir cepat," ungkapnya.

Namun, Listyo mengingatkan agar tim Patroli Presisi tetap humanis saat bertugas. "Tiap hari evaluasi, pelajari sehingga kemudian model-model kejahatan yang ada rekan-rekan bisa kuasai. Ruang-ruang dimana yang sering terjadi kejahatan tentunya harus dilakukan evaluasi," tegasnya.

"Sekali lagi latih terus kemampuan rekan-rekan, jaga kewibawaan, hindari penyimpangan dan tampil, yakinkan bahwa dengan kehadiran rekan-rekan, maka rasa aman betul betul bisa diwujudkan," tandasnya. (OL-12)

BERITA TERKAIT