11 January 2022, 18:37 WIB

Erick Bertemu Jaksa Agung Bahas Bersih-bersih BUMN


Tri Subarkah | Politik dan Hukum

MENTERI Badan Usaha Milik Negara (BUMN) melakukan lawatan ke Kejaksaan Agung untuk bertemu Jaksa Agung Sanitiar Burhanuddin. Pertemuan tersebut utamanya membahas restrukturisasi PT Garuda Indonesia dan dugaan korupsi terkait pengadaan pesawat ATR 72-600.

Namun, Erick juga menegaskan pertemuan dengan Jaksa Agung merupakan bagian dari upaya bersih-bersih BUMN. Hal tersebut sudah dilakukan sejak pengusutan kasus megakorupsi di PT Asuransi Jiwasraya dan PT Asuransi Sosial Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (ASABRI).

"Bukan berarti kita mengambil sebuah permasalahan satu per satu, tidak. Tapi ini program besar yang kita sudah sepakati sejak awal tahun," kata Erick di Kompleks Kejagung, Jakarta, Selasa (11/1)

"Nah karena itu kenapa banyak bergulir sekarang program-program pembersihan di BUMN yang dipimpin langsung oleh Pak Jaksa Agung," sambungnya.

Erick mengatakan sudah saatnya oknum-oknum di dalam tubuh BUMN dibersihkan. Selain upaya penegakan hukum, koordinasi yang dilakukan antara Kejagung dan BUMN  berbentuk pendampingan hukum.

Terkait kasus Garuda, Erick mengungkap dirinya telah menyerahkan bukti berupa audit investigasi dan data untuk melengkapi penyelidikan yang saat ini dilakukan oleh Jaksa Agung Muda Bidang Tindak Pidana Khusus (JAM-Pidsus).

Sementara itu, Burhanuddin menyebut pengusutan kasus dugaan korupsi Garuda tidak akan berhenti pada pengadaan pesawat ATR 72-600. "Kalau pengembangan pasti. Dan Insyaallah tidak akan berhenti di sini, akan kita kembangkan sampai benar-benar Garuda ini bersih," pungkasnya. (OL-8)

BERITA TERKAIT