11 January 2022, 15:03 WIB

Kejagung Tangani Korupsi Garuda soal Pengadaan Pesawat ATR


Tri Subarkah |

KEJAKSAAN Agung menangani dugaan tindak pidana korupsi di PT Garuda Indonesia (persero) terkait pengadaan pesawat ATR 72-600. Hal itu diungkapkan oleh Jaksa Agung Sanitiar Burhanuddin usai melakukan pertemuan dengan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir. Burhanuddin menyebut salah satu yang dilaporkan Erick kepadanya adalah pengadaan pesawat tersebut.

"Pelaporan Garuda untuk pembelian ATR 72-600," kata Burhanuddin di Komplek Kejagung, Jakarta, Selasa (11/1).

Baca juga: KSP: RUU TPKS Bisa Disahkan Bulan Depan

Erick menyebut pihaknya telah menyerahkan data yang valid, termasuk hasil audit investigasi dari Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP). Ia juga mengungkap indikasi dugaan korupsi dalam proses pengadaan dan leasing di Garuda juga terjadi pada merek yang lain.

"Khususnya hari ini memang yang disampaikan Pak Jaksa Agung adalah ATR 72-600. Ini yang tentu juga kami serahkan bukti-bukti audit investigasi, jadi bukan tuduhan," ujar Erick.

Menurut Erick, kedatangannya ke Kejagung merupakan bagian dari upaya untuk transformasi bersih-bersih BUMN. Ia berharap terjadi perbaikan administrasi secara menyeluruh di Kementerian BUMN. (OL-6)

BERITA TERKAIT